June 21, 2024

SEPUTAR INFORMASI TUTORIAL

Tutorial online terbaik dan terpopuler

Tutorial Membuat Bunga dari Kertas Dri Kertas Origami

5 min read
Tutorial Membuat Bunga
Tutorial Membuat Bunga

Tutorial Membuat Bunga, Membuat bunga dari kertas bisa menjadi hobi menyenangkan bagi kalian yang ingin mengisi waktu luang. Selain karena ada cara membuat bunga dari kertas mudah, kalian juga bisa memanfaatkan hasilnya untuk menghias sudut ruangan agar lebih indah. Belum lagi jika kalian punya anak atau adik kecil, mengajarkan cara membuat bunga dari kertas bisa menjadi kegiatan yang menarik. Hal tersebut juga berguna melatih keterampilan dan daya kreativitasnya. Salah satu cara yang bisa kalian ajarkan, yaitu teknik lipat kertas atau origami.

Cara membuat bunga dari kertas mudah dengan teknik origami menjadi kegiatan yang cukup populer. Apalagi bahan-bahannya tak perlu menggunakan yang mahal. Kalian bisa menggunakan kertas yang sudah tak terpakai untuk mencoba berbagai cara membuat bunga dari kertas yang di lansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Cara Membuat Bunga dari Kertas Mudah

Tutorial Membuat Bunga Ada teknik atau cara membuat bunga dari kertas mudah dan cocok untuk di ajarkan kepada anak. Jika kalian ingin mencobanya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Bunga Kertas Sederhana

-Siapkan kertas origami berukuran sedang dengan lima warna.
-Karena setiap kelopak akan punya dua lapisan yaitu bagian depan berukuran kecil dan bagian belakang berukuran besar, usahakan warna dari masing-masing lipatan itu berbeda. Adapun jumlah kelopaknya bisa di sesuaikan dengan selera, seperti empat kelopak atau lima kelopak.
-Satukan bunga yang berukuran kecil dan bunga yang berukuran besar dengan posisi bunga kecil ada di depan sedangkan bunga besar ada di belakang.
-Selanjutnya siapkan tangkai dan masukkan ke bagian tengah bunga. Jangan lupa lapisi tangkai dengan selotip warna atau kertas warna.
-Agar tangkai tidak gampang lepas maka kamu bisa membuat sampul di ujung tangkai.

2. Bunga Hiasan Tembok

-Lipat kertas origami dengan teknik lipatan menyerupai membuat kipas dari kertas. Kemudian, kunci bagian tengah kertas origami dengan menggunakan strepless.
-Setelah terkunci, kamu bisa bentuk kertas origami agar menyerupai kelopak bunga dengan menggunakan gunting. Jangan lupa untuk lem bagian ujungnya.
-Setelah berbentuk seperti kelopak bunga, tambahkan kancing di bagian tengah sebagai penghias.
-Hiasan bisa langsung kamu pasang di tembok kamar.

3. Bunga Sakura

-Lipatlah kertas origami menjadi dua. Ini merupakan langkah paling awal dalam membuat bunga sakura dari kertas.
-Lipat salah satu sudut bawah kertas untuk membuat segitiga, bagian ini nantinya akan jadi kelopak bunga sakura. Ulangi langkah ini untuk bagian belakang kertas origami yang di lipat.
-Potong segitiga kecil melalui semua lapisan atau lipatan yang telah di buat sebelumnya. Simpan potongan segitiga kecil karena akan di perlukan untuk langkah selanjutnya dalam membuat origami bunga sakura ini.
-Selanjutnya, beri lem pada salah satu sisinya dan kemudian rekatkan kedua sisi. Maka bentuknya akan menjadi seperti contong es krim. Biasanya untuk membuat satu bunga diperlukan 5 contong bunga. contong biasanya di sebut ‘kelopak’ bunga.
-Kemudian ambilah satu kelopak, lalu tempelkan dengan double tip atau lem. Lalu ambil satu kelopak lagi, kemudian tempelkan ke kelopak yang tadi di beri double tip.
-Selanjutnya, tempelkan double tip untuk kelopak yang di tempel tadi sampai mencapai total 5 kelopak menempel dan menjadi satu kesatuan
-Potong kertas secara melengkung, di kertas yang menghubungkan 2 segitiga. Pisahkan semua lima kelopak bunga sakura origami ini.
-Kemudian, pasang dan satukan kelopak bunga sakura tersebut dan menekan kelopak bunga secara bersama-sama. Tambahkan segitiga kecil dari langkah 4 hingga bagian tengah lengket. Kamu akan mendapatkan sebuah bunga sakura yang cantik.

4. Bunga Lavender

-Siapkan kertas berwarna hijau dengan ukuran 9 x 30 cm dan 7 x 8 cm, serta kertas berwarna merah jambu atau ungu berukuran 8 x 30 cm.
-Gulung kertas hijau berukuran 9 x 30 cm untuk membentuk tangkainya, rekatkan sisa kertas pada ujung gulungan menggunakan lem. Kemudian rapikan ujung tangkai dengan cara memotong sedikit kedua ujung tersebut menggunakan gunting.
-Setelah itu, lipat kertas berwarna merah jambu secara horizontal, lalu potong bagian yang di lipat hingga membentuk rumbai-rumbai. Buka lipatan kertas, lalu lipat kembali secara horizontal ke sisi sebaliknya. Jangan lupa rekatkan lipatan menggunakan lem.
-Gulung kertas berwarna merah jambu tersebut dengan tangkai, rekatkan dengan lem. Lalu tutup bagian bawah gulungan dengan kertas hijau berukuran 7×8 cm yang sebelumnya di potong zig zag menyerupai rumput.

2. Cara Membuat Bunga dari Kertas Lipat

Perlu di ingat bahwa bahan pembuatan bunga dari kertas ini tak harus menggunakan bahan khusus. Kalian boleh mengganti kertas origami dengan kertas bekas yang ada di rumah. Untuk menghasilkan kerajinan yang indah, silakan simak Tutorial Membuat Bunga dari kertas lipat berikut ini.

-Ambil kertas origami berukuran 6 inci, kemudian lipat dengan bentuk segitiga.
-Ambil salah satu sisi dari empat sudut dasar, kemudian lipat secara simetris hingga bertemu dengan sudut lainnya yang berpotongan.
-Ulangi lipatan untuk sudut lainnya agar membentuk sudut layang-layang.
-Tekuk tepi bawah layang-layang ke tengah, kemudian buka lipatannya. Lipat sudut atas ke bagian bawah, kemudian buka lipatan tersebut.
-Pastikan kertas origami jadi memiliki bekas lipatan, bekas lipatan tersebut akan kamu gunakan untuk mengikuti langkah berikutnya.
-Letakkan jari kamu di bawah titik yang lebih rendah dari layang-layang kemudian lipat kertas ke atas hingga menyerupai kelopak bunga lili.
-Selanjutnya ulangi cara ini untuk melipat ketiga bagian kelopak lainnya pada layang-layang kecil tersebut.
-Lipat satu titik layang-layang ke bawah, ulangi hingga tiga kali sampai menyerupai berlian.
-Langkah selanjutnya adalah lipat tepi atas berlian ke tengah, ulangi juga hingga 3 kali sisi bagian lainnya.
-Kemudian untuk bagian terbaliknya, mulai lipat keluar empat kelopak bunga lili.
-Supaya terkesan lebih hidup baiknya buat efek lengkungan yang bagus pada kelopak bunga dengan Tutorial Membuat Bunga memegang pangkal kelopak di jari kiri, kemudian jalankan ibu jari kanan dengan pena atau pensil sebagai pengapit, gerakkan dan ulangi untuk ketiga bagian kelopak lainnya sampai menyerupai bunga lili.

1. Bunga Tulip

-Gunakan selembar kertas berbentuk segi empat dengan ukuran 9.5X9.5 (ukurannya di sesuaikan dengan ukuran bunga yang hendak kamu buat).
-Lipat kertas dengan garis menyilang di setiap sisinya.
-Kemudian buka kembali lipatan tersebut, buat lipatan lagi yang berlawanan.
-Lipat kembali hingga membentuk sebuah segitiga sama kaki.
-Lipat kembali sampai membentuk sebuah diamond.
-Usahakan ada lubang di bagian atas supaya bisa menggelembung menyerupai bunga tulip.

2. Bunga Matahari

-Selembar kertas origami di bagi menjadi empat. Jika ingin kelopak bunganya beragam warna, bisa menggunting kertas origami dengan warna yang berbeda.
-Ambil selembar kertas origami berukuran kecil, bagi dua sehingga membentuk segitiga. Buka segitiga tersebut dan lipat satu sisi kertas ke tengah. Balik dan lipat sisi yang lain ke tengah pula.
-Lipat ujung yang runcing ke atas dan lipat ujungnya keluar. Buat hingga 8 buah.
-Buat lingkaran berukuran sedang di atas kertas asturo, gunting.
-Lem, kertas origami yang sudah di bentuk di sekeliling lingkaran.
-Jangan lupa tempel sedotan di bagian belakang lingkaran.

3. Bunga Mawar

-Siapkan kertas origami berukuran 20 cm x 20 cm yang memiliki warna yang berbeda di setiap sisinya. Seperti depan biru, belakang putih.
-Garis kertas menjadi 16 kotak, beri tanda pada empat kotak di tengah-tengah supaya saat melipat menjadi lebih gampang.
-Lipat kertas mengikuti garis yang sudah diberi tanda.
-Buka lipatan, ambil sudut kanan dan lipat di agonal, bertemu dengan lipatan di atas.
-Ulangi proses tadi pada ke empat sisinya,
-Membuat lipatan lain pada tiap di agonal, dengan lipatan bawah pada empat sudut lainnya.
-Setelah semua di lakukan akan tampak garis-garis kecil untuk menggampangkan membuat kelopak mawar.

Nah, itulah beberapa Tutorial Membuat Bunga dari kertas mudah dengan teknik lipat atau origami. Selamat mengisi waktu luang kalian dengan kegiatan menyenangkan ini, KLovers!