No Widgets found in the Sidebar
Tujuh Pecahan Uang Baru

Tujuh Pecahan Uang Baru BI Resmi Meluncurkannya, Rupiah Indonesia atau Rupiah adalah mata uang resmi yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Mata uang ini di cetak dan di atur penggunaannya oleh Bank Indonesia dengan kode ISO 4217 IDR. Secara tidak formal.

orang Indonesia juga menyebut mata uang ini dengan nama “perak”. Satu rupiah di bagi menjadi 100 sen, walaupun inflasi telah membuatnya tidak di gunakan lagi kecuali hanya pada pencatatan di pembukuan bank.

Pemerintah dan Bank Indonesia menggelar acara peluncuran 7 pecahan uang rupiah kertas. Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022) pada (18/8) di Jakarta. Ketujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut secara resmi berlaku, di keluarkan, dan di edarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan pada HUT-77 Kemerdekaan RI.

Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp.10.000, Rp5.000, Rp.2000, dan Rp.1000, dengan telaah visual setiap pecahan Uang TE 2022. Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

Tujuh Pecahan Uang Baru Hadirkan Inovasi Terbaru

Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Baca Juga  Turun peranakan - Gejala, penyebab dan mengobati

Inovasi tersebut di maksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk di kenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk di gunakan, serta lebih sulit untuk di palsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Masyarakat dapat melakukan penukaran Uang TE 2022. melalui perbankan atau kas keliling yang di sediakan Bank Indonesia. Pemesanan penukaran melalui kas keliling di lakukan melalui aplikasi PINTAR yang dapat di akses melalui laman https://pintar.bi.go.id.

Aplikasi penukaran tersebut dapat di akses oleh masyarakat mulai tanggal 18 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB dengan jadwal penukaran uang mulai tanggal 19 Agustus 2022.

Pelaksanaan penukaran di laksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang telah di tetapkan Pemerintah.

Di luncurkannya Uang TE 2022 tidak memiliki dampak pencabutan dan/atau penarikan Uang Rupiah yang telah di keluarkan sebelumnya.

Seluruh Uang Rupiah kertas ataupun logam, yang telah di keluarkan sebelumnya di nyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah. di seluruh wilayah NKRI sepanjang belum di cabut dan di tarik dari peredaran oleh Bank Indonesia.

Resmi! BI Dan Pemerintah Tujuh Pecahan Uang Baru Dan Tetap Mempertahankan Gambar Utama Pahlawan Nasional

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyampaikan Uang Kertas Tahun Emisi 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional.

pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang Tahun Emisi 2016.

“Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang Tahun Emisi 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam.

Dan unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik,” katanya dalam keterangan resmi, di kutip Kamis (18/8/2022).

Baca Juga  12 Cara Menghentikan Pendarahan

Inovasi tersebut, kata dia, di maksudkan agar uang Rupiah kian mudah di kenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk di gunakan, serta lebih sulit untuk di palsukan .

Dengan begitu, uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan NKRI.

Sebagai informasi, pengeluaran dan pengedaran Uang Tahun Emisi 2022 merupakan salah satu pelaksanaan amanat UU Mata Uang.

sebagai bagian dari perencanaan pemenuhan kebutuhan uang masyarakat tahun 2022 dan dengan tetap menerapkan tata kelola yang baik sesuai UU.

Perry Warjiyo Gubernur Bank Indonesia Memanjatkan Doa

Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim dan mengharapkan ridha Allah Yang Maha Kuasa.

Saya Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan Sri Mulyani meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah kertas.

Tahun emisi 2022 sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI,: ujar Perry dalam peluncurkan uang rupiah kertas tahun emisi 2022

Ia mengatakan, peluncuran uang kertas baru ini merupakan wujud nyata komitmen bersama untuk menyediakan uang rupiah. Yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat sebagai simbol pemersatuan bangsa. Perry juga mengajak masyarakat untuk mencintai, bangga, dan memahami rupiah. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakaan, rupiah bukan sekadar mata uang. Rupiah menggambarkan perjalanan bangsa dan Negara Kesatuan RI.

ORI atau Oeang Republik Indonesia di lahirkan, di sahkan, dan berlaku pada 30 oktober 1946, menurut dia, menandai babak baru Indonesia yang baru merdeka.

Setiap Lembar Rupiah Memiliki Arti Yang Berharga

“Dalam setiap lembar rupiah, terdapat berbagai cerita dan narasi mengenai kebangsaan dan bangsa Indonesia. Sebuah motif dan spirit keberagaman dan kebersatuan. Ini adalah lambang dan sekaligus komitmen kita semua,” kata dia.

Baca Juga  Tunda Keputusan Tentang Crypto Di GST

Ia menegaskan, rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah. Dengan demikian, menurut dia, sudah semestinya rupiah di hormati dan di banggakan oleh masyarakat Indonesia.

Presiden Joko Widodo sebelumnya menetapkan delapan pahlawan nasional sebagai gambar utama pada uang kertas Indonesia tahun emisi 2022. Ketetapan ini di tuangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2022 yang di teken pada 6 Juli. Berikut keputusannya: Gambar pahlawan nasional Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs Mohammad Hatta sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 100 ribu. Gambar pahlawan nasional Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 50 ribu.

Gambar pahlawan nasional Dr. G.S.S.J Ratulangi sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 20 ribu. Kemudian Gambar pahlawan nasional Frans Kaisiepo sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 10 ribu. Selanjutnya Gambar pahlawan nasional D.r. K.H. Idham Chalid sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 5.000. Gambar pahlawan nasional Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 2.000. Gambar pahlawan nasional Tjut Meutia sebagai gambar utama pada bagian depan pada rupiah pecahan Rp 1.000. Berikut penampakan desain baru rupiah: