No Widgets found in the Sidebar
Obat Meriang Tradisional
Obat Meriang Tradisional

Obat Meriang Tradisional, Mungkin beberapa dari kamu sudah mengenal beberapa obat meriang medis seperti ibuprofen dan paracetamol, namun apakah kamu tahu apa saja obat meriang tradisional. Meriang atau demam sebenarnya bukanlah penyakit, melainkan reaksi imun terhadap infeksi yang terjadi. Oleh karena itu, jika demam yang di alami masih tergolong ringan kamu tidak perlu mengobatinya dengan obat medis, cukup dengan obat meriang tradisional.

17. Obat Meriang Tradisional

Lantas apa saja obat meriang tradisional yang bisa di gunakan tersebut? Sebelum menjawabnya, Anda perlu mengetahui bahwa obat meriang ini sebaiknya di gunakan untuk suhu tubuh tidak lebih dari 38,5 derajat Celsius. Apabila sudah melebihi suhu tersebut sebaiknya segera periksakan ke dokter. Untuk meriang yang tidak lebih dari 38,5 derajat Celsius, kamu bisa mengobatinya dengan obat meriang tradisional berikut ini.

1. Madu Merupakan Obat Meriang Tradisional

Obat Meriang Tradisional

Obat meriang tradisional yang pertama yaitu madu. Bahan yang di dapatkan dari lebah ini, memiliki kandungan antimikroba yang mampu membunuh bakteri yang membahayakan tubuh. Tidak hanya itu, madu juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga kerap di gunakan untuk mengobati meriang. Cara mengonsumsinya cukup mudah, Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau mencampurkannya ke dalam segelas teh hangat.

2. Jahe

Obat meriang tradisional yang bisa Anda gunakan selanjutnya yaitu jahe. Rempah yang sering digunakan untuk memasak ini, memiliki kandungan antibakteri yang dapat membasmi virus, jamur dan bakteri sehingga dapat mengatasi gejala meriang. Tidak hanya itu, jahe juga sering digunakan sebagai obat untuk mengatasi mual, pilek dan batuk. Cara menggunakannya, Anda bisa membuatnya menjadi minuman jahe hangat seperti wedang jahe dan lainnya.

Baca Juga  Jenis Makanan Pembersih Paru-Paru

3. Bawang putih

Obat Meriang Tradisional

Dengan kandungan antimikrobanya, membuat bawang putih menjadi salah satu obat meriang tradisional. Dalam sejumlah penelitian menyebutkan bahwa bawang putih dapat mencegah meriang. Cara menggunakannya yaitu dengan membuat bawang putih ini menjadi minuman. Pertama-tama haluskan bawang putih, lalu masukkan ke segelas air panas. Tunggu hingga mendidih dan minum perlahan saat dingin. Apabila kamu tidak menyukai cara ini,kamu bisa menambahkan bawang putih ke dalam makanan sehari-hari.

4. Obat Meriang Tradisional Yaitu Buah-buahan

Obat meriang tradisional yang satu ini cukup enak, karena kamu hanya perlu mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan yang sebaiknya kamu konsumsi saat meriang yaitu pepaya, mangga, jambu biji, dan jeruk. Berbagai buah-buahan ini memiliki kandungan vitamin C yang mampu melawan infeksi sehingga mempercepat penyembuhan. Cara mengonsumsinya sebaiknya dalam bentuk buah segar bukanlah jus yang ditambahkan gula.

5. Mint

Obat Meriang Tradisional

Anda bisa mengobati meriang dengan menggunakan daun mint merupakan obat meriang . Hal ini karena, sensasi dingin dari daun mint akan mengurangi panas di dalam tubuh. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan daun mint ke dalam segelas air panas. Tunggulah beberapa saat hingga daun minta larut ke dalam air. Setelah itu, saring daunnya, dan minum airnya sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

6. Kunyit

Obat meriang tradisional yang selanjutnya merupakan rempah yang sering di gunakan untuk memasak. Hal ini karena, kunyit obat meriang yang memiliki kandungan antibakteri dan antiradang yang mampu menurunkan demam. Tidak hanya itu, kunyit juga dipercaya ampuh mengatasi berbagai masalah seperti pilek, hipertensi dan radang tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsinya dengan cara membuatnya menjadi minuman yang dimasukkan ke dalam secangkir susu panas.

Baca Juga  Membaca Penyebab Kematian Brigadir J

7. Air hangat

Obat meriang tradisional yang sering di gunakan terakhir yaitu air hangat. Hal ini karena, air hangat mampu melebarkan pembuluh darah sehingga memicu produksi keringat. Kondisi ini akan membuat panas dari dalam tubuh akan lebih mudah keluar sehingga suhu tubuh berangsur normal. Cara menggunakannya yaitu dengan memberikan kompres hangat. Pertama-tama siapkan handuk lembut atau waslap yang bersih. Setelah itu, celupkan ke dalam air hangat suam kuku, lalu tempelkan pada kulit.

8. Kunyit

Tidak jauh berbeda dengan jahe, kunyit juga mengandung antibakteri dan antiradang yang dapat menurunkan demam. Kunyit obat meriang juga di percaya sangat ampuh untuk mengatasi hipertensi dan radang tenggorokan.

9. Minum air putih

Saat meriang, biasanya tubuh terasa lemas dan tidak bertenaga.

Namun, usahakan tetap minum karena cairan penting untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Cairan tersebut dapat mengusir kuman yang menganggu dan mengembalikan tubuh dalam kondisi normal.

10. Konsumsi zinc

Zinc, atau seng, termasuk mineral penting yang dibutuhkan agar fungsi tubuh berjalan sempurna.

Seng juga mendorong sistem kekebalan kita.

11. Echinacea

Echinacea merupakan tumbuhan yang sudah berabad- abad digunakan penduduk asli AS sebagai obat herbal. Salah satu riset menyarankan untuk minum seduhan teh echinacea ketika Anda mulai merasakan demam. Tujuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Echinacea dapat membantu tubuh melawan infeksi dan menghilangkan demam dengan lebih cepat.

12. Perbanyak tidur

Banyak istirahat dan tidak jauh-jauh dari kasur adalah cara termudah untuk menghilangkan meriang. Demam bisa jadi tanda dari tubuh untuk membuat Anda paham, tubuh selama ini sudah bekerja keras dan menuntut istirahat. Jadi, berikan kesempatan tubuh untuk mengembalikan tenaga yang sudah lelah berjuang melawan bakteri, kuman, atau virus dengan beristirahat.

13. Jaga tubuh tetap dingin

Banyak orang justru pakai jaket dan selimut tebal saat meriang. Hal itu keliru. Kecuali bila tubuh terasa menggigil. Bila perlu, kompres bagian tubuh yang tidak nyaman dengan air hangat.

Baca Juga  Anies Baswedan Keluar dari Gedung KPK

14. Obat Meriang Tradisional Temulawak

Obat Meriang Tradisional

Temulawak berwarna putih kuning atau kuning muda dan cukup mudah di temukan pada pasar tradisional. sangat efektif untuk menurunkan panas karena memiliki zat aktif germacrene dan alpha betha curcumena.

juga dapat berfungsi sebagai antibiotik dan anti peradangan, tidak salah bila temulawak sering digunakan untuk menurunkan panas secara alami.

Untuk mengonsumsi temulawak secara nyaman. Kamu dapat meminumnya dalam bentuk teh atau jamu.

15. Obat Meriang Tradisional Yaitu Air Kelapa

Sejak dulu air kelapa sudah dikenal dan digunakan sebagai penurun panas alami yang cukup efektif. Minum air kelapa dapat membantu badan agar terus terhidrasi dan segar.

Selain itu, kelapa juga mengandung vitamin, mineral serta elektrolit yang dapat membantu mengembalikan kadar air yang hilang dari tubuh.

16. Obat Meriang Tradisional Merupakan Bawang Merah

Bawang Merah bukan hanya berfungsi sebagai bumbu masak, namun juga sebagai obat tradisional penurun panas.

dapat menurunkan suhu tubuh serta meredakan rasa nyeri yang di rasakan pada tubuh.

Kamu dapat mengiris bawang merah dan mencampurkannya dengan minyak kayu putih lalu balurkan pada tubuh atau bagian perut, cara ini akan membantu panas turun lebih cepat.

17. Lemon dan Madu

Lemon yang di campurkan dengan madu memiliki khasiat yang efektif dalam menurunkan panas tubuh.

Kamu bisa mencampurkan 1 sendok makan (sdm) madu dalam jus lemon yang kamu buat, Hasilnya tubuh akan jauh terasa lebih segar dan panas tubuh akan turun.

Atau, kamu juga bisa buat air lemon hangat yang cara buatnya mudah sekali. Ikuti cara berikut ini.

Demikianlah penjelasan mengenai obat meriang tradisional yang bisa Anda gunakan. Apabila meriang tidak kunjung mereda atau bahkan semakin parah maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Terlebih lagi jika Anda menemukan meriang yang di sertai gejala seperti sakit kepala, nyeri tenggorokan dan sesak napas.