No Widgets found in the Sidebar
Obat Masuk Angin Tradisional

Obat Masuk Angin Tradisional, Merupakan Obat masuk angin alami yang ampuh sebagai penanganan pertama. Bahan herbal dengan ramuan tradisional, efektif ringankan gejalaMasuk angin. Tidak ada dalam istilah dunia kedokteran, ini merujuk pada sekumpulan gejala penyakit tertentu. Namun, masyarakat Indonesia menggunakan istilah ini ketika mengalami penurunan daya tahan tubuh.

Gejala yang timbul saat seseorang mengalami masuk angin kadang berbeda-beda. Tetapi biasanya yang muncul seperti demam, menggigil, sakit kepala, sendawa, sering buang angin, lemas, nyeri perut hingga perut kembung.

Masuk angin cukup menghambat aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan obat masuk angin alami dengan bahan herbal dan resep tradisional.

13 Obat Masuk Angin Alami Paling Ampuh

Masuk angin disebabkan oleh kurang tidur, kurang istirahat, telat makan, bahkan ketika kita sering begadang. Jika kamu sedang mengalami kondisi tersebut, berikut obat herbal masuk angin yang bisa menolong:

1. Air Putih Obat Masuk Angin Tradisional

Air Putih

Obat Masuk Angin Tradisional adalah Air putih memiliki sejuta manfaat untuk ke sehatan tubuh, salah satunya sebagai obat masuk angin alami.

Ketika badan sedang tidak fit, kamu harus tetap memenuhi cairan tubuh dengan cukup. Minum air putih atau air hangat dapat membantu meredakan gejala masuk angin.

Hindari minuman yang mengandung kafein agar perut tidak menjadi kembung saat masuk angin. Untuk mengatasinya, pastikan kamu minum banyak air putih minimal 8 gelas per hari.

Baca Juga  Obat Kolesterol Yang Efektif Menurut Apotik

2. Peppermint Oil

Peppermint Oil

Peppermint adalah daun yang terkenal dipakai untuk obat-obatan herbal. Minyak peppermint dapat membantu melemaskan otot-otot lambung dan menjaganya dari kram atau kontraksi akibat masuk angin.

Kamu bisa mengkonsumsi teh peppermint atau minyak esensial yang terbuat dari peppermint untuk meredakan gejala tersebut.

Sebuah studi menyatakan bahwa aromaterapi peppermint efektif mengurangi rasa mual sebanyak 75 persen, jadi obat masuk angin ini cukup efektif untuk di konsumsi saat masuk angin.

3. Jahe Merupakan Obat Masuk Angin Tradisional

Jahe

Jahe adalah salah satu yang bisa menjadi obat masuk angin alami. Bumbu ini sering di pakai untuk menangani mual, muntah, dan kondisi terkait masuk angin.

Kamu bisa mengkonsumsi jahe dengan cara menyeduhnya dengan air panas atau yang biasa di sebut wedang jahe. Selain itu, kamu bisa mengunyah jahe segar atau di campur ke dalam teh hangat.

Jahe sangat baik untuk mengatasi masuk angin karena bisa menghangatkan tubuh sekaligus obat masuk angin herbal.

4. Lemon

Lemon

Buah lemon dapat mengobati rasa mual gejala masuk angin. Asam dari lemon akan menetralkan lambung dan membentuk senyawa bikarbonat yang dapat meredakan rasa mual.

Perasan buah lemon dicampur dengan air hangat akan meringankan rasa mual ketika masuk angin.

Mungkin kamu akan merasakan rasa asam yang berlebih ketika minum perasan lemon, kamu bisa mengatasinya dengan menambahkan sedikit madu ke dalam perasan tersebut.

5. Kencur

Selain sebagai bumbu masak, kencur merupakan obat alami yang telah dimanfaatkan secara turun temurun dan masih diwariskan sampai sekarang sebagai obat herbal.

Kencur bisa digunakan sebagai obat herbal yang berkhasiat dalam upaya peningkatan kesehatan tubuh dan mengobati mual dan masuk angin untuk berbagai golongan usia.

Mulai dari orang dewasa, remaja, anak, dan juga bahkan pada bayi, kencur sering diberikan untuk berbagai penyakit atau manfaat kesehatan lainnya.

Baca Juga  Makanan Mencegah Tekanan Darah Tinggi

6. Ramuan Jahe, Madu dan Lemon

6. Ramuan Jahe, Madu dan Lemon

Ramuan jahe, madu, dan lemon bisa menjadi obat masuk angin herbal saat masuk angin.

Kamu hanya membutuhkan 1 sendok teh bubuk jahe dan madu, setengah gelas air panas, dan setengah sari lemon yang diperas. Berikut cara membuatnya:

  • Seduh bubuk jahe dengan air hangat, tambahkan perasan lemon, dan madu.
  • Minum ramuan tersebut dalam keadaan hangat.
  • Campuran madu, jahe, dan lemon dapat meredakan masuk angin karena mengandung antibakteri.

7. Jamu

Jamu adalah salah satu obat tradisional untuk mengatasi masuk angin. terbuat dari tumbuhan seperti rimpang, daun-daunan, kulit batang, dan buah.

Gejala perut terasa kembung, badan tidak nyaman, keringat dingin, mual, dan kadang disertai muntah atau yang biasa disebut masuk angin, dapat diredakan dengan minum jamu.

Ketika kamu masuk angin, kamu bisa membuat jamu dengan bahan-bahan 20 gram jahe iris, 30 gram lengkuas iris, 2 batang serai, 10 butir cengkeh, 6 butir kapulaga, dan gula aren.

Berikut langkah membuatnya:

  • Cuci bersih semua bahan-bahan.
  • Rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu saring.
  • Minum jamu tersebut selagi hangat.

8. Jeruk

Mirip dengan lemon, jeruk juga bisa menjadi salah satu buah obat masuk angin alami untuk menetralkan asam lambung. Karena salah satu keluhan orang yang mengalami masuk angin adalah perut kembung dan mual.

Kandungan vitamin C, flavonoid, dan fitonutrien inilah yang berperan dalam penyembuhan masuk angin. Kamu bisa menambahkan madu sebagai campur agar khasiat yang dirasakan lebih maksimal.

9. Bawang Putih Merupakan Obat Masuk Angin Tradisional

Bawang putih efektif untuk mengobati masuk angin. Kandungan Senyawa belerang dari bawang putih memasuki tubuh dari saluran pencernaan dan menyebar ke seluruh tubuh.

Selain itu, senyawa allicin muncul dengan aroma khas setelah bawang dipotong atau digeprek. Bawang putih dapat mengobati bronkitis, tekanan darah tinggi, perut kembung, demam hingga masuk angin.

Baca Juga  Obat Meriang Tradisional yang Mudah Di Temukan Di Rumah

Kamu bisa langsung mengunyahnya atau dicampurkan ke dalam makanan. Bawang putih juga dapat menghangatkan tubuh.

10. Kunyit Putih

Kunyit putih berbeda dengan kunyit kuning dari segi rasa, bentuk maupun warna. Namun, keduanya memiliki aroma khas dan kuat karena sama-sama mengandung minyak atsiri. Kunyit putih memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antinyeri yang bisa mengobati berbagai jenis penyakit, seperti nyeri ulu hati, nyeri sendi, sakit perut, diare hingga masuk angin.

Cara mengatasi masuk angin dengan kunyit putih cukup mudah. Kupas dan parut kunyit putih. Setelah itu, ambil airnya. Sebelum diminum, air kunyit putih sebaiknya direbus terlebih dahulu.

11. Adas

11. Adas

Adas juga merupakan rempah kuno yang membantu meredakan serangan masuk angin. Mengunyah setengah sendok teh adas baik untuk mencegah pembentukan gas, menenangkan saluran pencernaan, serta mengurangi kembung maupun mulas.

12. Teh Peppermint Merupakan Obat Masuk Angin Tradisional

Peppermint bermanfaat untuk meningkatkan aliran empedu yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Teh Peppermint merupakan salah satu minuman yang tak hanya lezat namun juga bisa bermanfaat.

13. Teh Chamomile

13. Teh Chamomile

Minum teh chamomile merupakan solusi yang efektif untuk mengobati masuk angin. Minuman jenis ini bisa membuatmu mudah bersendawa begitu kamu selesai meminumnya.

Walau biasanya tak berbahaya, kondisi masuk angin ini bisa sangat menyebalkan. Namun jika gejala yang muncul tak kunjung hilang setelah beebrapa waktu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi dan mengobati kondisi tersebut.

Nah, itulah rekomendasi obat masuk angin alami dengan obat-obatan herbal, buah-buahan, dan rempah-rempah pilihan. Pastikan makan yang teratur, hindari begadang, dan hujan-hujanan agar terhindar dari masuk angin.Jika demam, pusing, dan tanda-tanda masuk angin lainnya tetap terjadi setelah 5 hari, konsultasikan dengan dokter atau membeli obat-obatan yang dianjurkan di apotik.