No Widgets found in the Sidebar
Obat Alami Ambeien
Obat Alami Ambeien

Obat Ambeien Alami, Ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah vena di anus dan rektum bagian bawah. Kondisi yang juga di kenal sebagai wasir ini dapat berkembang di dalam rektum (ambeien dalam) dan di bawah kulit pada sekitar anus (ambeien luar). Selain pengobatan medis, ada sejumlah obat ambeien alami untuk bantu redakan gejalannya.

11 Obat Ambeien Alami

Tak terbatas pada benjolan dan rasa nyeri di anus saja, ambeien bisa menyebabkan timbulnya buang air besar (BAB) berdarah, anus yang gatal, merasa ingin BAB meski baru melakukannya, serta munculnya lendir di celana dalam atau tisu setelah membersihkan area anus.

Untuk mengatasi berbagai gejala ambeien di atas secara alami, berikut obat ambeien yang bisa Kamu praktikkan di rumah.

1. Obat Alami Ambeien Mandi air hangat

Duduk di dalam bak berisikan air hangat di sebut-sebut sebagai cara mengobati ambeien, khususnya untuk meringankan pembengkakan dan iritasi yang kerap menyertainya.

Sebagian orang juga menambahkan satu cangkir garam Epsom atau cuka apel untuk meningkatkan efektivitasnya dalam meredakan gejala ambeien dan mandi menggunakan air hagat adalah obat ambeien yang alami.

2. Kompres dingin

Obat Alami Ambeien

Meski terkesan sederhana, menaruh kompres air dingin ke bagian anus di yakini dapat menjadi cara mengobati wasir, terutama dalam meredakan pembengkakan.

Metode ini juga dianggap efektif untuk meredakan pembengkakan wasir yang besar dan terasa nyeri.

Untuk mencobanya,Kmau dapat membungkus es batu dengan kain atau handuk bersih, lalu letakkan di area anus selama 15 menit menaruh air dingin ini merupakan obat ambeien.

Baca Juga  Obat Alami Mengatasi Nyeri Sendi

Walaupun demikian, jangan meletakkan sesuatu yang beku secara langsung ke kulit karena bisa membahayakan dan bahkan merusak kulit.

3. Mengoleskan cairan witch hazel

Witch hazel adalah obat ambeien alami dari tumbuhan yang di kenal bisa meredakan gatal dan rasa nyeri. Keduanya adalah gejala utama ambeien luar.

Tidak hanya itu, witch hazel juga termasuk dalam golongan obat ambeien antiradang alami sehingga di percaya mampu meredakan pembengkakan.

Kamu dapat membeli obat tradisional ambeien ini dalam bentuk cairan. Cara menggunakannya pun mudah, oleskan langsung ke bagian ambeien luar.

Witch hazel juga di jual dalam bentuk tisu untuk gatal dan sabun.

4. Gel lidah buaya

Obat Alami Ambeien

Gel lidah buaya di gadang-gadang sebagai obat herbal ambeien karena mengandung senyawa antiradang yang membantu meredakan iritasi.

Belum banyak bukti ilmiah yang bisa mendukung klaim ini. Namun, The National Center for Complimentary and Integrated Health menyebutkan bahwa gel lidah buaya aman jika digunakan secara topikal alias dioles.

Walaupun sering ditemukan dalam produk tabir surya dan losion, Anda hanya boleh mengoleskan gel lidah buaya murni yang diambil langsung dari tumbuhannya.

Hal ini dilakukan untuk menghindari bahan dan zat aditif lain yang bisa semakin mengiritasi ambeien.

Akan tetapi, lidah buaya dapat menimbulkan reaksi alergi, terutama pada orang-orang yang alergi terhadap bawang putih dan bawang bombay.

Untuk memeriksa apakah Anda alergi terhadap lidah buaya, cobalah oleskan sedikit gelnya ke lengan bawah.

Apabila tidak ada reaksi alergi yang muncul dalam waktu 1-2 hari, maka Anda boleh menggunakannya.

5. Mengoleskan minyak kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu obat pengempes ambeien alami yang bisa ditemukan dengan mudah.

Selain melembapkan, minyak kelapa dipercaya bisa meredakan iritasi dan pembengkakan, serta mengurangi keinginan untuk menggaruk.

Baca Juga  Kopi Filter Yang Viral Ini Tidak seperti Kelihatannya

6. Minum air putih secara teratur

Obat Alami Ambeien

Menurut sebuah riset di dalam The Permanente Journal, kebanyakan kasus penyakit dubur, termasuk ambeien, bisa terjadi akibat kurangnya cairan dari pola makan.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk rutin minum air putih agar feses melunak dan mudah melewati usus.

Dengan demikian, feses dapat dikeluarkan tanpa membutuhkan banyak energi dan iritasi pada ambeien bisa diredakan.

Pengobatan ambeien alami ini juga mampu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

7. Mengonsumsi makanan berserat tinggi

Makanan berserat tinggi berperan penting untuk mengoptimalkan pergerakkan usus.

Terlebih lagi, serat dapat menyerap air dan membuat tekstur feses lebih halus serta padat sehingga Anda tidak perlu mengejan berlebihan saat buang air besar (BAB).

Terdapat beragam makanan berserat tinggi untuk wasir, di antaranya jagung, ubi, kentang, hingga brokoli.

Sementara itu, ada juga buah untuk ambeien yang kandungan seratnya cukup tinggi, misalnya pir, apel, kiwi, hingga buah-buahan sitrus.

Tak terbatas pada serat saja, beraneka makanan untuk penderita wasir tersebut juga di lengkapi dengan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Selain itu, di lansir dari sebuah riset yang di rilis dalam Review of Hemorrhoid Di sease: Presentation and Management, serat di nilai sebagai cara alami menghentikan perdarahan ambeien.

Lebih jauh lagi, suplementasi serat di percaya dapat mengurangi perdarahan akibat wasir sebanyak 50 persen. Sayangnya, suplemen ini di anggap tidak mampu meredakan gejala prolaps, nyeri, serta gatal.

8. Memilih celana dalam yang tepat

Selagi mencoba beragam cara mengobati ambeien secara alami di atas, Anda perlu menyesuaikan pemilihan celana dan celana dalam yang di gunakan sehari-hari.

Pilihlah celana dan celana dalam yang longgar, breathable (memungkinkan udara masuk), dan terbuat dari bahan katun.

Hal ini dapat mencegah area di sekitar ambeien agar tidak iritasi akibat keringat berlebih dan meredakan gejalanya.

Baca Juga  Fakta Pria Di Atas 40 Tahun Yang Tidak Boleh Manikahi Wanita

9. Tea tree oil

Tea tree oil adalah antiseptik alami yang di nilai bisa meringankan nyeri, gatal-gatal, dan rasa tidak nyaman.

Lebih jauh lagi, obat ambeien alami ini di yakini mampu melawan bakteri yang kerap menyebabkan infeksi pada kulit yang luka atau iritasi.

Belum banyak studi yang bisa mendukung kemampuan tea tree oil dalam mengatasi ambeien.

Akan tetapi, satu penelitian berdurasi 2 minggu dalam jurnal UPDATES in Surgery (UPIS) mengungkapkan, kombinasi antara tea tree oil, asam hialuronat, dan methyl-sulfonyl-methane mampu meredakan rasa nyeri, perdarahan, dan peradangan pada ambeien, jika di bandingkan dengan plasebo.

Anda bisa menggunakan obat alami ambeien benjolan ini bersamaan dengan bahan alami lain, seperti gel lidah buaya dan witch hazel.

10. Obat Alami Ambeien Berolahraga

Penderita ambeien sebaiknya juga rutin berolahraga. Pasalnya, aktivitas fisik berintensitas sedang bisa membantu merangsang fungsi usus.

Dalam satu minggu, orang dewasa di sarankan beraktivitas fisik setidaknya selama 150 menit dan sisihkan juga waktu 2 hari untuk melakukan aktivitas yang memperkuat otot.

Sederet obat ambeien alami yang ada di dalam artikel ini tidak bisa di jadikan sebagai pengobatan utama.

Anda tetap di sarankan untuk berkunjung ke dokter. Dengan demikian, kondisi yang Anda alami dapat di tangani dengan baik sehingga bisa cepat pulih.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar obat ambeien alami, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

11. Obat Alami Ambeien Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dapat di jadikan obat ambeien loh. Sama seperti obat ambeien lainnya, minyak kelapa mengandung antiinflamasi yang dapat meredakan pembengkakan akibat ambeien. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung antibakteri yang mampu mencegah kebersihan ambeien sehingga terhindar dari infeksi.