Obat Alami Radang Tenggorokan

Obat Alami Radang Tenggorokan, Banyak orang ingin menghindari risiko terkena radang tenggorokan karena cukup mengganggu. Namun, apabila sudah terlanjur menderita penyakit tersebut, Kamu dapat menggunakan obat radang tenggorokan alami sebagai salah satu langkah penanganannya. Salah satu obat alami radang tenggorokan adalah air garam. Sebab, air garam dikenal sebagai antiseptik alami yang dapat mengurangi risiko infeksi. Selain itu, ada beberapa rekomendasi obat alami untuk di jadikan sebagai alternatif cara mengobati radang tenggorokan lainnya yang dinilai aman.
Rekomendasi tersebut bisa kamu lihat pada penjelasan berikut.

13Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan Alami yang Aman

Obat alami adalah cara mengatasi radang tenggorokan yang cenderung aman untuk dilakukan apabila gejalanya tidak terlalu parah. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi obat alami ini dengan mudah di rumah. Lantaran, bahan-bahannya tidak sulit untuk ditemukan. Anda dapat mencarinya di swalayan terdekat. Beberapa obat radang tenggorokan alami tersebut di antaranya yaitu madu, air garam, air lemon, dan lain sebagainya.

1. Obat Alami Radang Tenggorokan Madu

Obat Alami Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan kondisi yang memiliki kemungkinan menjadi gejala dari penyakit GERD, yaitu gangguan pada sistem pencernaan. Maka dari itu, madu bisa dipilih sebagai obat radang tenggorokan alami karena dinilai aman untuk saluran pencernaan tersebut. Madu memiliki sifat antioksidan, antimikroba, serta antiinflamasi yang diketahui dapat mengatasi radang tenggorokan secara efektif. Anda dapat mengonsumsi madu secara langsung atau dengan mencampurkannya ke dalam teh serta minuman sehat lainnya.

2. Obat Alami Radang Tenggorokanv Air Garam

Air garam merupakan obat alami untuk radang tenggorokan berikutnya. Benar, air garam merupakan larutan yang bersifat antiseptik sehingga dapat memperlambat serta menghentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan. Selain itu, air garam juga bisa mencairkan lendir yang sudah menumpuk karena hidung tersumbat atau dahak agar tidak membuat radang tenggorokan semakin menyakitkan. Anda dapat melarutkan satu sendok teh garam beryodium pada satu gelas air hangat. Kemudian, berkumurlah menggunakan air garam hangat tersebut selama 30 detik. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 sampai dengan 4 kali setiap harinya hingga radang tenggorokan mereda.

Baca Juga  Tidak Terfikirkan Shahrukh Khan Bisa Bertahan 30 Tahun

3. Obat Alami Radang Tenggorokan Kunyit

Karena memiliki senyawa bersifat antibakteri, kunyit dapat di jadikan sebagai obat radang tenggorokan . Anda bisa menumbuk lalu merebus 1 ruas rempah kuning tersebut di dalam air agar bisa mendapatkan sarinya. Kemudian, minumlah ramuan herbal tersebut satu kali sehari. Anda juga dapat mencampurkan madu serta perasan air lemon ke dalam larutan sari kunyit agar hasilnya lebih optimal.

4. Obat Alami Radang Tenggorokan Air Lemon

Perasan air lemon kaya akan vitamin C sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan radang tenggorokan. Di samping vitamin C, perasan air lemon juga mengandung senyawa astringen yang mampu meredakan peradangan serta pembengkakan pada tenggorokan.

5. Obat Alami Radang Tenggorokan Cuka Sari Apel

Obat radang tenggorokan berikutnya yaitu cuka sari apel. Cuka sari apel memiliki senyawa antimikroba sehingga dapat meredakan sakit yang di timbulkan dari radang tenggorokan. Untuk menggunakannya, Anda dapat melarutkan 1 sampai 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air. Lalu, berkumurlah dengan larutan cuka sari apel tersebut setiap 3 sampai 4 jam sekali secara rutin.

6. Teh Jahe

Rekomendasi obat radang tenggorokan selanjutnya yaitu teh jahe. Teh jahe memiliki kandungan gingerol yang bersifat anti-inflamasi serta analgesik sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang di timbulkan dari radang tenggorokan. Anda di sarankan untuk meminum teh jahe selagi masih hangat agar dapat melegakan radang tenggorokan dengan lebih optimal.

7. Sari Akar Licorice

Licorice atau biasa di kenal dengan sebutan akar manis merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki beragam manfaat. Benar, sari akar licorice ini bisa di jadikan sebagai obat radang tenggorokan. Lantaran, minuman herbal tersebut membantu mengencerkan sekresi lendir sehingga dapat membuat tenggorokan terasa lebih lega. Selain itu, sari akar licorice juga bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada tenggorokan.

Baca Juga  Makanan Mencegah Tekanan Darah Tinggi

8. Bawang Putih

Selain sebagai obat alami untuk meredakan sakit gigi, bawang putih juga bisa membantu mengatasi nyeri pada radang tenggorokan. Bawang putih diketahui memiliki senyawa allicin yang bersifat antimikroba sehingga mampu mengatasi radang tenggorokan karena infeksi bakteri. Anda dapat mengunyah bawang putih secara langsung untuk di jadikan sebagai obat radang tenggorokan . Demikian rekomendasi obat radang tenggorokan yang aman dan bisa Anda temukan dengan mudah. Perlu di ingat, penggunaan obat alami ini hanya bisa di gunakan jika gejalanya tidak parah. Apabila gejala yang di rasakan cukup parah dan penggunaan obat alami tersebut tidak efektif, Anda bisa langsung segera berkonsultasi dengan dokter. Untuk itu, Anda dapat memilih layanan telekonsultasi melalui aplikasi MySiloam agar bisa berdiskusi dengan dokter Siloam Hospitals di rumah. Atau, Anda juga bisa membuat janji temu untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter di Siloam Hospitals terdekat.

9. Sup hangat

Jangan pernah menganggap bahwa makanan yang enak tidak bisa di jadikan obat. Faktanya, sup hangat dengan kaldu ayam atau daging bisa di jadikan sebagai obat alami sakit tenggorokan, karena makanan hangat yang satu ini dapat membantu mengurangi iritasi dan tenggorokan kering.

Sup saat sakit tergolong mudah dan nikmat, mengingat makanan ini mudah di telan meskipun tenggorokan sakit. Dengan mengonsumsi makanan yang mudah di konsumsi seperti sup, nutrisi yang di butuhkan tubuh untuk melawan infeksi dapat terpenuhi, sekaligus mendapatkan cairan tambahan untuk mencegah dehidrasi.

10. Teh hangat

Teh hangat juga bisa di jadikan salah satu obat alami sakit tenggorokan. Mengonsumsi teh hangat dari jenis apa pun, entah herbal atau nonherbal, dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Baca Juga  Obat Meriang Tradisional yang Mudah Di Temukan Di Rumah

Salah satu alasannya adalah karena teh mengandung antioksidan yang di prediksi mampu memperkuat kekebalan tubuh dan mampu membantu menangkal infeksi. Agar efeknya optimal, tambahkan satu sendok teh madu ke dalam secangkir teh.

11. Cabai Rawit dan Saus Sambal

Sering di gunakan sebagai pereda nyeri, cabai rawit mengandung capsaicin atau senyawa alami yang dikenal untuk memblokir reseptor rasa sakit. Meskipun tidak terbukti secara ilmiah, memakan cabai di campur dengan air hangat dan madu, dapat membantu meredakan rasa sakit untuk sakit tenggorokan. Sensasi terbakar di awal adalah reaksi yang umum. Namun, perhatikan bahwa cabai rawit tidak boleh dikonsumsi jika Moms memiliki luka terbuka atau sariawan di mulut. Mulailah dengan beberapa tetes saus sambal pedas atau taburan cabai ringan karena keduanya bisa sangat terasa panas di mulut.

12. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga di percaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Bahan alami ini bisa membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan di area tenggorokan. Minyak kelapa juga memiliki sifat menenangkan karena membantu melumasi selaput lendir di tenggorokan. Penggunaanya bisa dengan menambahkan minyak kelapa ke cokelat panas, ke dalam sup, atau di minum langsung 1 sendok makan.

13. Elderberry

Elderberry memiliki efek antibakteri dan antivirus. Buah berwarna biru kehitaman ini mampu melindungi tubuh dari gejala pernapasan akibat virus dan bakteri. Buah ini juga sudah terkenal secara tradisional mampu mengatasi flu, radang tenggorokan, hingga membantu menyehatkan jantung. Selain mampu mengatasi gejala flu dan radang tenggorokan, buah ini juga mampu meningkatkan sistem keebalan tubuh. Untuk mengonsumsinya, perlu di masak terlebih dahulu sebelum di makan. Moms juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh atau suplemen.

Itulah obat alami sakit tenggorokan yang bisa Moms coba di rumah. Terlebih bahan-bahan ini sangat mudah di temukan.

Semoga bermanfaat, Moms!

5 thoughts on “Obat Alami Radang Tenggorokan Yang Ampuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *