Yuk Cek 10 Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehata Tubuh

Manfaat Kacang Merah

Manfaat Kacang Merah, Di Indonesia, keberadaan kacang merah memang tidak sepopuler kacang hijau. Kondisi ini justru berbeda dengan kebiasaan masyarakat Jepang. Di mana, kacang merah lebih mendominasi sebagai bahan pangan untuk kemudian diolah kembali menjadi berbagai jenis makanan lainnya. Kacang bernama latin Phaseolus vulgaris ini memiliki beragam nutrisi penting bagi tubuh. Mulai dari karbohidrat, protein, serat, kalsium, dan vitamin B9 atau yang lebih dikenal dengan asam folat. Di sisi lain, kacang merah juga bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang anak. Hal ini tidak lepas karena kandungan zat besi, kalium, magnesium mangan, tembaga, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin B6, dan vitamin B12 yang dimilikinya. Untuk mengenal lebih jauh dengan kacang ini, berikut ini adalah 10 manfaat kacang merah yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Merah

Apa saja manfaat kacang merah? Bagi kamu yang belum tahu, inilah 10 manfaat kacang merah yang baik untuk kesehatan. Manfaat Kacang Merah yang Baik untuk Kesehatan. Yuk langsung saja kita simak ulasan di bawah ini nya sobat palabrafiel.

1. Mengontrol kadar gula darah

Naiknya kadar gula darah dalam tubuh tentu tidak bisa dianggap sebagai hal biasa. Kondisi ini bisa memicu munculnya gangguan dan penyakit kronis lainnya.

Baca Juga  Manfaat Batang Teratai Yang Menyehatkan Tubu

Nah, kandungan protein, serat, dan karbohidrat dalam kacang ini diyakini mampu membantu tubuh mengendalikan kadar gula dalam darah. Hal ini tidak lain karena kandungan indeks glikemik yang rendah. Kandungan ini membuatnya aman dikonsumsi oleh penderita darah tinggi, sekaligus tidak membuat kadar gula darah meningkat.

2. Membantu menurunkan berat badan

Anjuran untuk menambahkan kacang merah dalam menu makanan diet, ternyata bukan tanpa alasan. Pertimbangan itu tidak lepas dari kandungan protein dan seratnya yang tinggi.

Protein di dalamnya memiliki beberapa keunggulan, yaitu bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Protein ini bekerja untuk memperlambat proses pencernaan karbohidrat, sehingga tubuh tidak cepat lapar dan kamu pun lebih mudah mengontrol waktu dan porsi makan.

3. Mencegah naiknya tekanan darah, khususnya pada penderita hipertensi

Naiknya tekanan darah tentu bisa berpengaruh pada kerja organ jantung. Untuk menjaganya tetap stabil, kamu bisa mengonsumsi kacang merah.

Kandungan polifenol pada kulit kacang ini dikenal ampuh menekan naiknya tekanan darah dalam tubuh. Tak heran, kacang merah begitu direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

4. Mencegah risiko kanker usus besar

Potensi kacang merah sebagai sumber pangan sehat ternyata tidak hanya sampai di situ saja. Gangguan kronis di saluran pencernaan, seperti risiko kanker usus besar juga bisa dicegah dengan mengonsumsi jenis kacang ini.

Kandungan nutrisi dan serat dalam kacang merah berpotensi sebagai zat antikanker. Jika di fermentasi oleh bakteri baik, maka serat kacang merah bisa membentuk asam lemak baik seperti pada asam lemak rantai pendek (SCFA) yang memang baik untuk menjaga kesehatan usus dan menekan risiko kanker usus besar.

5. Menjaga kesehatan jantung

Siapa sangka, ternyata kacang merah juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Sebagai perbandingan, setiap 200 gram kacang merah terkandung 46 gram serat.

Baca Juga  Cara Membuat Halaman Facebook

Nilai ini lebih dari cukup, bahkan sudah melampaui jumlah kebutuhan serat per harinya yang hanya 25-30 gram saja. Serat sendiri merupakan asupan penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Tak hanya serat, kandungan kaliumnya juga memilikinya peran yang sama, yaitu menjaga detak jantung tetap normal. Jumlah asupan kalium sendiri idealnya adalah 4700 mg per harinya.

Sementara itu, dalam setiap 180 gram kacang merah, tubuh bisa mendapat asupan kalium hingga 2500 mg. Nilai tersebut setara dengan 72 persen dari jumlah kebutuhan kalium harian.

6. Sebagai sumber gizi bagi wanita hamil

Kacang merah mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang di kandungnya. Kacang merah berperan sebagai sumber protein, asam folat, dan zat besi yang baik selama masa kehamilan.

Saat hamil, wanita membutuhkan zat besi dan asam folat lebih banyak di bandingkan kondisi normal. Dua nutrisi ini sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan menjaga kekuatan plasenta bayi.

Kurangnya asupan zat besi pada ibu hamil juga berpotensi menyebabkan bayi lahir dalam kondisi prematur atau berat di bawah batas normal.

7. Mencegah penuaan dini

Kacang merah di ketahui mengandung kadar antioksidan yang tinggi. Bahkan, jumlahnya melebihi dari apa yang di miliki oleh sayuran dan buah-buahan dengan kandungan sejenis.

Di banding jenis kacang lainnya, misalnya kedelai atau kacang tanah, jumlah antioksidan dalam kacang merah masih lebih unggul. Peran antioksidan sendiri yaitu baik untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

8. Meningkatkan fungsi kognitif otak

Tidak hanya baik untuk tulang, vitamin K dalam kacang merah juga bermanfaat untuk sintesis sphingolipids yang merupakan komponen utama dari membran myelin dari sel saraf.

Baca Juga  6 Cara Merawat Wajah Agar Kelihatan Tetap Fresh

Hal ini juga di dukung oleh kandungan thiamin, di mana kandungan ini sangat di butuhkan oleh sel otak untuk meningkatkan fungsi kognitifnya.

9. Mencegah timbulnya rheumatoid arthritis

Mineral tembaga dalam kacang merang bisa menjadi solusi alami untuk mencegah timbulnya rheumatoid arthritis atau yang lebih di kenal dengan rematik.

Peran mineral tembaga di sini yaitu juga untuk mendukung enzimatik, sehingga keelastisan dari ligamen, persendian, dan kesehatan pembuluh darah bisa terjaga.

10. Menjaga kesehatan tulang

Pertumbuhan tulang dan gigi tentu tidak lepas dari peran kalsium. Nah, kandungan mangan dan kalsium yang tinggi pada kacang ini di kenal baik untuk mendukung perkembangan dan kekuatan tulang.

Kandungan folat di dalamnya pun terbukti ampuh mempertahankan tingkat homosistein, sehingga risiko terjadinya patah akibat kecelakaan atau hal lainnya bisa di minimalisir. Semakin terjaganya kesehatan tulang, tentu risiko terserang osteoporosis pun juga akan semakin kecil.

Itulah 10 manfaat kacang merah yang dapat palabrafiel bagikan ke sobat di rumah yang baik untuk kesehatan. Meski jenis kacang ini memiliki banyak manfaat, namun kamu tidak boleh sembarangan mengonsumsinya.

Tapi ingat jagan menkosumsinya terlalu berlebuhan kare Hal ini di kacang ini memiliki efek antigizi yang bisa menyebabkan perut kembung. Mengonsumsinya dalam keadaan mentah pun sebaiknya tidak di lakukan. Efek racunnya di dalamnya, phytohaemagglutinin, bisa membuat reaksi muntah dan diare.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *