Manfaat Ikan Patin

Manfaat Ikan Patin, Ikan patin merupakan jenis ikan yang masih satu keluarga dengan ikan lele, atau bisa di bilang, mirip dengan ikan lele. patin memiliki kumis yang berguna sebagai patilnya, sama seperti ikan lele. Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan yang di gemari oleh masyarakat Indonesia, terbukti dari banyaknya olahan ikan patin yang ada. Mulai dari sayur sup ikan patin, gulai ikan patin, hingga abon yang terbuat dari daging ikan patin.

Pengolahan Ikan Patin

Sama seperti jenis-jenis ikan lainnya, ikan patin memiliki rasa yang gurih dan lembut. Hampir seluruh bagian ikan patin dapat di konsumsi. Daging dan kepala ikan patin dapat di olah menjadi masakan yang lezat, sedangkan bagian tulangnya dapat menjadi kaldu ikan yang juga sama lezatnya. Ikan patin sudah menjadi bahan dasar favorit untuk jenis makanan yang ada di Indonesia dan terbukti di sukai oleh kalangan masyarakat. Biasanya olahan ikan patin mengandung bumbu yang kompleks, sehingga menghadirkan cita rasa yang dangat menggugah selera.

Sebagai salah satu jenis ikan yang banyak di gemari oleh orang Indonesia, ikan patin tentu saja memiliki banyak sekali keunggulan yang baik bagi kita. Terutama manfaat bagi kesehatan dan pemenuhan asupan gizi di dalam tubuh. Berikut ini adalah manfaat dari ikan patin :

Kandungan Gizi Ikan Patin

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat ikan patin, hal penting yang perlu Anda ketahui adalah kandungan gizi ikan patin. Di bandingkan dengan jenis ikan lainnya, kandungan lemak ikan patin justru lebih rendah. Sementara itu, kandungan asam lemak esensial DHA pada ikan patin mencapai 4,74 persen dan kandungan EPA nya mencapai 0,31 persen. Keberadaan asam lemak omega-3 di dalam ikan patin juga membuatnya memiliki kelebihan tersendiri mengingat biasanya kandungan ini di temukan dalam daging ikan air laut dalam seperti ikan salmon, tuna, dan sarden.

Baca Juga  Kantung Kemih Brigadir J dan Pankreas Brigadir J Di Duga Hilang

Sementara kandungan lemak total di dalam ikan patin sekitar 2,55 hingga 3,42 persen. Sedangkan asam lemak tak jenuhnya mencapai lebih dari 50 persen. Salah satu dari kandungan asam lemak tak jenuh tunggal ini adalah asam oleat. Kandungan kolesterol di dalamnya juga cenderung rendah yakni hanya 21-30 mg untuk setiap 100 gram. Hal ini berarti, mengonsumsi ikan patin sangat di rekomendasikan bagi penderita kolesterol tinggi yang memang ingin menurunkan kadar kolesterol dalam tubuhnya. Selain itu, kandungan protein ikan patin juga cukup besar yaitu sekitar 159 gram. Protein sendiri memainkan peran penting bagi pertumbuhan sel-sel dalam tubuh dan menjaga tubuh untuk tetap sehat

Manfaat Ikan Patin bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Patin

Setelah Anda mengetahui berbagai kandungan ikan patin, kini saatnya mengetahui khasiat ikan patin bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat ikan patin yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Pencegahan Penyakit Kardiovaskular

Daging dari ikan patin dapat membantu dalam mencegah terjadinya penyakit yang berhubungan dengan sistem kardiovaskuler. Hal ini di sebabkan oleh lemak tak jenuh yang ADA di dalam daging ikan patin, sangat berguna dalam mencegah terjadinya penyakit tersebut. Kandungan lemak tak jenuh pada daging ikan patin ini mencapai 50% dari total keseluruhan nilai gizi yang terkandung di dalam ikan patin.

2. Mengurangi kandungan kolesterol

Bagi yang memiliki gangguan pada kolesterol seperti tingginya kolestrol di dalam tubuh, anda dapat mencoba mengkonsumsi ikan patin ini. Kandungan lemak tak jenuhnya dapat membantu dalam mengurangi jumlah kandungan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Khasiat seperti ini, juga terdapat pada :

3. Mencegah jantung koroner

Salah satu jenis penyakit kronis yang dapat di cegah adalah jantung koroner. Sama seperti kolesterol dan penyakit kardiovaskular lainnya, lemak tak jenuh yang terkandung di dalam manfaat ikan patin membuat tubuh terhindar dari penyakit jantung koroner. Hal ini karena lemak tak jenuh tidak akan mengendap dan menghambat aliran darah di dalam pembuluh darah.

Baca Juga  Cara Daftar BPJS Kesehatan Dengan Muda

4. Mengoptimalkan Pertumbuhan Bayi

Bagi para ibu hamil, ikan patin dapat bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan janin anda selama masa kandungan. Hal ini di sebabkan oleh kandungan DHA dan manfaat omega 3 yang kaya pada ikan patin. Kedua zat tersebut bermanfaat untuk :

  • Menjaga kesehatan janin selama di dalam kandungan
  • Menjaga pertumbuhan janin agar tetap normal
  • Menjaga janin agar tetap sehat

5. Membantu pembentukan otot

Bagi yang sedang melakukan program diet untuk membesarkan dan menguatkan otot, daging ikan patin sangatlah baik untuk di konsumsi. Kandungan protein yang tinggi dari daging ikan patin, membuat daging ikan patin akan sangat efektif untuk :

  • Menambah massa otot
  • Memperkuat otot
  • Mengencangkan otot
  • Menjaga daya tahan dan imunitas tubuh
  • Menambah kekuatan tubuh

6. Menjaga kesehatan tulang

Tulang dan duri dari ikan patin memiliki kandungan fosfor dan manfaat kalsium yang cukup tinggi. Kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi ini akan membantu memenuhi kebutuhan fosfor dan kalsium tubuh dalam sehari. Selain itu, kalsium dan fosfor juga dapat berguna untuk :

  • Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Memperkuat tulang dan gigi
  • Mencega osteoporosis

7. Sebagai lahan bisnis

Salah satu manfaat dari ikan patin, selain bagi kesehatan tubuh kita juga dapat menunjang dalam segi ekonomi. Anda dapat mencoba bisnis pengembangbiakan ikan patin atau bisa juga melakukan bisnis hasil olahan ikan patin. Salah satu jenis hasil olahan ikan patin yang sudah sukses adalah abon ikan patin. Tentu saja bagi yang jeli dalam melihat peluang, ikan patin akan menjadi sumber kesehatan dan juga sumber penghasilan yang utama.

Keunggulan Ikan Patin

Ikan patin sendiri, memiliki beberapa keunggulan yang membuat ikan ini menjadi salah satu favorit. Keunggulan ini antara lain :

Baca Juga  Kopi Filter Yang Viral Ini Tidak seperti Kelihatannya

1. Daging yang lembut dan gurih

Salah satu keunggulan dari ikan patin adalah tektur dari dagingnya yang gurih dan lembut. Hal ini membuat ikan patin menjadi favorit dari segala kalangan masyarakat, terutama di Indonesia.

2. Mudah ditemui

Ikan patin merupakan jenis ikan yang mudah di temui. Hampir setiap pasar tradisional maupun modern menjual jenis ikan patin ini. Ikan patin juga merupakan salah satu jenis ikan yang dapat di kembangbiakan dengan cukup mudah.

3. Hampir seluruh bagian dari ikan patin bisa diolah

Tak hanya daging dan kepalanya saja, tulang dan duri ikan patin ternyata juga dapat di olah. Adalah abon ikan patin, yang juga melibatkan duri dari ikan patin dalam pembuatannya. Hal ini membuat hampir seluruh bagian ikan patin dapat di olah dan di konsumsi.

4. Ikan patin rendah kolestrol

Anda memiliki bakat kolesterol tinggi? Jangan khawatir, ikan patin merupakan jenis ikan yang rendah kandungan kolestrolnya. Ini merupakan salah satu keunggulan terpenting dalam manfaat ikan patin, terutama bagi yang memiliki bakat penyakit kolesterol atau sedang melakukan diet.

5. Kandungan gizi yang tinggi

Ikan patin memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Paling tidak, ikan patin memiliki nilai kandungan protein dan lemak tak jenuh yang sangat tinggi. Kedua jenis zat ini sangatlah berguna bagi kesehatan tubuh, untuk :

  • Mencegah penumpukan lemak dan penyumbatan pada pembuluh darah
  • Mempercepat pertumbuhan otot
  • Mencegah terjadinya berbagai macam penyakit, seperti kardiovaskuler dan jantung koroner

Itulah beberapa manfaat dan keunggulan ikan patin yang bisa diperoleh, tidak hanya dagingnya namun tulangnya pun bermanfaat bagi tubuh kita, serta mampu bernilai ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *