Manfaat Ceker Ayam, Saat menikmatinya, mungkin Moms tidak memikirkan lebih jauh apa saja manfaat ceker ayam yang sedang Moms konsumsi. Ceker atau kaki ayam merupakan hidangan yang cukup populer. Moms bisa menemukannya pada soto, seblak, mie ayam, hingga street food Korea seperti, maeun dakbal. Bahkan ada mitos mengatakan bahwa ceker ayam baik di konsumsi oleh anak kecil agar larinya kencang. Tak heran, banyak orangtua yang memberi makan anaknya dengan ceker ayam. Selain itu, ceker ayam juga tinggi kolagen sehingga sangat baik untuk kulit. Lantas, apakah manfaat ceker ayam tersebut semuanya benar? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Manfaat Ceker Ayam untuk Tubuh

Beberapa orang menganggap ceker ayam sebagai produk limbah yang tidak dapat di olah dan di nikmati. Di sisi lain, bagian tubuh ayam ini ternyata malah menjadi makanan favorit sebagian orang. Tidak hanya di rebus untuk di ambil kaldunya, ceker ayam juga seringkali di olah menjadi hidangan lezat yang memanjakan lidah. Selain memberikan kenikmatan dari segi rasa, mengonsumsi ceker ayam ternyata bermanfaat untuk kesehatan, lho. Manfaat ceker ayam ini tidak lepas dari kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang ada di dalamnya. Melansir Healthline, kandungan dua ceker ayam (70 gram) adalah:

  • Kalori: 150
  • Protein: 14 gram
  • Lemak: 10 gram
  • Karbohidrat: 0,14 gram
  • Kalsium: 5% dari nilai harian
  • Fosfor: 5% dari nilai harian
  • Vitamin A: 2% dari nilai harian
  • Folat (vitamin B9): 15% dari nilai harian

1. Manfaat Ceker Ayam Menjaga Kesehatan Kulit

Melansir penelitian dari Journal of Medicinal Food, ceker ayam kaya akan kolagen. Manfaat ceker ayam ini sangat di butuhkan untuk menjaga kesehatan kulit sehingga tampak awet muda, dan elastis.Selain itu, kolagen juga baik di konsumsi untuk mencegah penuaan kulit.

Baca Juga  Tips Membuat Rambut Halus Dan Sehat

2. Manfaat Ceker Ayam Mencegah Pengeroposan Tulang

Manfaat ceker ayam yang kedua masih berkaitan dengan kandungan kolagen. Di kutip dari Delishably, mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen seperti ceker ayam dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang pada wanita pasca menopause. Penelitian yang di lakukan terhadap 39 wanita menunjukkan, risiko hilangnya kepadatan mineral tulang bisa di kurangi dengan mengonsumsi suplemen kolagen.

3. Manfaat Ceker Ayam Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan kolagen dan sejumlah komponen protein pada ceker ayam memiliki kemampuan untuk mempercepat penyembuhan luka dan juga membantu mengatasi kerusakan sel. Studi yang dikutip Medical News menyebut bahwa menjaga asupan kolagen memberikan efek jangka pendek dan panjang yang menjanjikan untuk penyembuhan luka. Selain itu, manfaat ceker ayam ini juga mendorong percepatan proses penggantian sel yang rusak. Maka mengonsumsi ceker ayam akan sangat membantu tubuh meningkatkan kemampuannya untuk menyerang infeksi lho, Moms.

4. Manfaat Ceker Ayam Menjaga Kesehatan Gusi

Gusi adalah jaringan kuat yang digunakan untuk menopang gigi. Beberapa masalah yang terjadi pada gusi disebabkan oleh masalah kesehatan gigi yang buruk. Namun, masalah pada gusi bisa ditimbulkan dari dalam tubuh, yakni bila tubuh kekurangan vitamin dan nutrisi. Salah satu manfaat ceker ayam bisa menjaga kesehatan gusi karena di dalam ceker ayam mengandung nutrisi, seperti asam amino, kolagen, dan beberapa zat gelatin. Ketiga kandungan tersebut terbukti bisa meningkatkan kesehatan gusi.

5. Membuat Jantung Lebih Sehat

Tersumbatnya pembuluh darah karena kolesterol bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Itu terjadi karena jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk memompa darah. Nah, manfaat ceker ayam selanjutnya yaitu dipercaya ampuh mengatur detak jantung. Melansir Food Bioscience Journal, prolin yang terkandung dalam kolagen ceker ayam akan memecah protein untuk meregenerasi dan memperbaiki sel. Bahkan prolin membantu pembuluh darah arteri untuk melepaskan penumpukan lemak yang menyumbat. Ditambah, ada kandungan arginin dalam gelatin pada ceker yang juga dapat mengontrol tekanan dara. Karena zat ini menghasilkan oksida nitrat yang bisa membuat otot di pembuluh darah mengendur dan sirkulasi darah meningkat.

Baca Juga  Manfaat Biji Selasih

6. Meredakan Hipertensi

Manfaat ceker ayam selanjutnya bisa untuk Moms yang menderita hipertensi. Dibanding dengan bagian dada, ceker ayam disebut memiliki lebih banyak kandungan kolagen. Kolagen dapat membantu meredakan hipertensi dengan menurunkan kadar enzim renin. Enzim renin sendiri merupakan enzim yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Untuk mengonsumsinya, Moms bisa menikmati ceker ayam dalam bentuk sup. Namun, hindari penggunaan garam secara berlebihan karena kandungan natrium di dalamnya dapat memicu tekanan darah tinggi.

7. Menurunkan Berat Badan

Siapa bilang makan ceker ayam bisa membuat berat badan naik? Justru manfaat ceker ayam satu ini bisa membantu menurunkan berat badan. Kolagen pada ceker adalah sejenis protein alami yang bebas karbohidrat, sehingga masuk dalam kategori makanan sehat untuk diet. Selain itu kolagen juga mengandung asam amino yang bisa menekan nafsu makan, sehingga penurunan berat badan mudah tercapai. Dibanding protein lain, protein pada ceker ayam bisa memberikan rasa kenyang yang lebih besar. Ditambah dengan asam amino yang di kenal dengan glisin terkandung dalam kolagen bisa menstransfer gula ke jaringan untuk meningkatkan perkembangan otot. Sedangkan otot akan membakar jauh lebih banyak kalori daripada lemak, dan massa otot yang lebih besar berarti membakar kalori di tubuh menjadi lebih cepat.

8. Menjaga Keseimbangan Hormon

Salah satu kunci keseimbangan hormon di dalam tubuh adalah kadar zink. Manfaat ceker ayam ke-8 ini bisa membantu. Ceker ayam mengandung zinc untuk setidaknya mencukupi 1/3 kebutuhan tubuh dalam tiap porsinya. Lemak baik ceker ayam juga dapat memperbaiki kerja berbagai fungsi kelenjar di dalam tubuh. Lalu, kesehatan pembuluh darah di dapatkan dari kolagen yang berperan membantu suplai darah ke berbagai organ di dalam tubuh.

9. Mengurangi Stres

Ceker ayam mempunyai beragam kandungan asam amino yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satu asam amino yang terkandung dalam manfaat adalah arginine. Asam amino ini dapat membantu meredakan stres dengan cara melepaskan hormon yang menyebabkan perasaan tertekan dalam diri.

Baca Juga  Cara Daftar Aplikasi Gojek Gampang Dan Cepat Terbaru

10. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat ceker ayam berikutnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium, protein, kolagen, serta tulang rawan pada ceker ayam bisa membantu menjaga kesehatan tulang seperti mencegah kerapuhan tulang dan berbagai masalah tulang lainnya.

Perlu di ketahui, pengeroposan tulang biasanya terjadi pada mereka yang lanjut usia karena adanya degenerasi sel penyusun tulang tidak maksimal dalam menyerap kalsium. Jika Anda mengonsumsi ceker secara teratur, hal itu berguna untuk mencegah kerapuhan tulang. Pada akhirnya, risiko osteoporosis dan pengeroposan tulang bisa di turunkan.

11. Menjaga kondisi persendian

ceker ayam yang terakhir adalah kemampuannya menjaga kesehatan persendian. Hal ini di sebabkan karena kandungan kolagen dapat meningkatkan daya serap tubuh terhadap kalsium, sehingga membantu tulang ternutrisi oleh kalsium lebih optimal.

Komponen lain dari ceker ayam seperti protein, lemak sehat, kondroitin, glukosamin dan cartilage berfungsi untuk merawat tulang rawan, persendian dan menjaga pelumasan area persendian.

12. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kandungan nutrisi seperti kolagen, gelatin, vitamin C dan mineral layaknya seng, tembaga, magnesium, kalsium, dan fosfor pada ceker ayam bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat, sehingga membuat Anda tidak akan mudah sakit.

Kemampuan tubuh untuk melawan infeksi juga meningkat karena khasiat ceker ayam mendorong percepatan pergantian sel rusak. Rusaknya sel yang di sebabkan oleh infeksi akan lebih cepat teratasi, kondisi yang membuat tubuh lebih efektif dalam melawan bakteri yang masuk.

Nah, itulah 12 manfaat ceker ayam yang berguna bagi tubuh Anda. Meski menyimpan banyak manfaat, perlu Anda ketahui bahwa juga mengandung lemak jenuh yang tinggi sehinggga berisiko menyumbat aliran darah ke otot jantung.

Sebagai patokan, dalam 100 gram ceker ayam mengandung 3,9 gram lemak jenuh dan 84 mg kolesterol. Sementara batasan mengonsumsi lemak jenuh dan kolesterol per hari tidak boleh lebih dari 30 gram dan 300 mg per hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *