No Widgets found in the Sidebar
5 Manfaat Bunga Kecombrang

Manfaat Bunga Kecombrang, untuk Kesehatan, Manfaat bunga kecombrang bagi kesehatan tentu bukan hal yang baru lagi.

merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasanya di gunakan sebagai bahan dalam sebuah masakan seperti olahan sayur.

Bunga kecombrang (Etlingera elatior) di ketahui memiliki ketinggian antara 1 – 3 meter dan tumbuh subur di tanah lembap, teduh, dan dekat dengan perairan.

juga memiliki bentuk unik dan cantik yang di gunakan sebagai tanaman hias.

Selain bentuknya yang cantik, bunga kecombrang juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat bunga kecombrang yang wajib untuk Anda ketahui.

1. Kandungan antioksidan

Bunga kecombrang dikenal kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh. Selain pada bunganya, kandungan ini juga terdapat di hampir seluruh bagian kecombrang seperti bunga, batang dan daunnya.

Sifat antioksidan ini dapat mencegah terjadinya kerusakan sel pada tubuh seperti dapat mengurangi risiko terkena kanker.

2. Memberikan aroma segar pada makanan dan tubuh

Bunga kecombrang dapat memberikan aroma menyegarkan pada makanan, salah satunya pada aroma ikan yang terkesan amis.

Bunga kecombrang ini biasanya di campur ke dalam sambal, hidangan yang di tumis maupun hidangan yang berkuah.

Selain menambah cita rasa dan bau pada makanan, bunga kecombrang juga berperan untuk menghilangkan bau mulut dan bau badan.

3. Menyehatkan tulang dan gigi

Bunga kecombrang mengandung kalsium, kalium, dan mineral tinggi yang membuatnya baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Baca Juga  Cara Transfer DANA ke Bank hingga Sesama Pengguna

Konsumsi bunga kecombrang ini juga di anjurkan kepada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

4. Baik untuk makanan diet

Bunga kecombrang menjadi pilihan yang tepat sebagai makanan diet. Pasalnya, dalam satu ons kecombrang, hanya terdapat 1 mg lemak. Anda dapat mengonsumsi bunga kecombrang dalam berbagai macam bentuk masakan sesuai dengan selera Anda, terutama untuk diet.

5. Membuat tubuh lebih sehat dan bugar

Bunga kecombrang memiliki kandungan zat besi hingga 4mg yang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Selain itu,

bunga kecombrang juga dapat mengurangi risiko kekurangan zat besi hingga terbebas dari anemia.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat bunga kecombrang yang baik dikonsumsi untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda!

Tak Hanya Cantik, Bunga Kecombrang Juga Punya5 Manfaat Bunga Kecombrang

5 Manfaat Bunga Kecombrang

5 Manfaat Bunga Kecombrang, Bunga kecombrang alias bunga kantan tidak hanya cantik, namun juga biasa di gunakan sebagai bumbu masakan. Di lansir Himedik, biasanya orang mengolah bunga kecombrang sebagai sambal atau menumisnya dengan sayuran lain.

Beberapa orang mungkin akan merasa aneh ketika mengonsumsi bunga kecombrang ini karena berwarna pink atau merah mudah dan memiliki aroma harum yang cukup kuat.

Meski begitu, jangan di remehkan. Bunga beraroma harum ini justru memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Bunga Kecombrang

Melansir dari theborneopost.com, bunga kecombrang ini dipercaya memiliki banyak manfaat di luar negeri, salah satunya meningkatkan libido secara alami. Bunga kecombrang yang juga masuk dalam keluarga jahe ini juga di yakini mampu mengurangi peradangan, mengatasi kehilangan napsu makan, hingga menurunkan di abetes dan hipertensi Bahkan aroma harum dari bunga kecombrang ini juga bermanfaat untuk memberikan rasa tajam dalam hidangan sup atau lainnya agar lebih lezat. Melansir dari NCBI, peneliti menemukan bunga kecombrang ini juga memiliki efek antioksidan yang sangat kuat terhadap stres oksidatif dan ekstraknya sangat berguna untuk toksisitas timbal. Di Malaysia sendiri, bunga kecombrang ini justru di manfaatkan sebagai ramuan obat guna mengatasi masalah sakit telinga dan daunnya di gunakan untuk menyembuhkan luka.

Baca Juga  Tujuh Pecahan Uang Baru BI Resmi Meluncurkannya

Intinya, bunga kecombrang ini sangat baik jika di manfaatkan sebagai obat tradisional maupun di konsumsi dalam bentuk makanan guna meningkatkan antioksidan secara alami.

Kandungan Vitamin Manfaat Bunga Kecombrang

Bagi Anda yang suka kuliner, tentu tak asing dengan sambal matah maupun ikan tongkol suwir kecombrang. Tanaman dengan nama ilmiah Etlingera eliator, dikenal populer dengan kecombrang kerap dijadikan bahan masakan khas Nusantara.

Tidak tanggung-tanggung, tumbuhan kecombrang dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional, mulai dari bunga, daun, batang, hingga akarnya. Kecombrang termasuk tumbuhan famili Zingiberaceae yang tumbuh luas di Indonesia. Bunganya kerap dipakai penambah aroma masakan. Sedangkan daunnya sebagai bahan sayur asem, dan batangnya diolah bersama makanan berbahan daging. Tidak hanya pada masakan, esensial bunga kecombrang juga diformulasi menjadi sabun, sampo, dan parfum. Nah, dalam setia bagian kecombrang, mengandung senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin dan manfaat kecombrang antara lain sebagai berikut.

Bunga kecombrang

Mengutip penelitian yang di terbitkan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat Tradisional Tawangmangu, Badan Litbang Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, bunga kecombrang mengandung flavonoid, terpenoid, saponin, dan tanin.

Flavonoid bermanfaat sebagai antioksidan, antibakteri, antivirus, antiradang, dan antialergi. Kecombrang di kenal dengan beberapa nama di berbagai daerah. Di Sumatra Utara di sebut kencong atau kincung, di Sunda dikenal honje, dan di Bali di sebut bongkot.

Daun kecombrang

Daun kecombrang terasa asam, sebab mengandung asam klorogenat, saponin, dan flavonoid. Ini berarti bahwa manfaat sebagai antioksidan juga terdapat pada daunnya.

Rimpang kecombrang

terponoid. Zat aktif saponin dan tanin juga bermanfaat mengatasi bau badan.

Di samping manfaat kecombrang berdasarkan bagian tanamannya, dari Data Pangan Indonesia yang di lansir Hallo Sehat, Sabtu, 21 Agustus, dalam 100 gram kecombrang segar mengandung nutrisi sebagai asupan eniergi pada tubuhberikut:

  • ir : 90 gram
  • Kalori : 34 kkal
  • Protein : 0,9 gram
  • Lemak : 1,0 gram
  • Karbohidrat : 6,7 gram
  • Serat : 2,6 gram
  • Kalsium : 60 miligram
  • Forfor : 16 miligram
  • Kalium : 650,6 miligram
  • Karoten total : 73 mikrogram
  • Riboflavin (Vitamin B2) : 0,02 miligram
  • Niacin ( Vitamin B3) : 0,8 miligram
Baca Juga  Obat Alami Darah Tinggi Dan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Bunga Kecombrang

Pohon dan daun kecombrang merupakan tanaman yang sangat mudah di temukan di Indonesia. Tumbuhan ini termasuk tumbuhan rempah-rempah yang juga d igunakan sebagai bumbu masakan. Tanaman ini juga di kenal sebagai kantan atau honje. Selain warnanya yang menarik dan bentuknya yang cantik, ternyata tumbuhan ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Di dalam tanaman ini terdapat beberapa nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan.

Kandungan nutrisi itu juga mampu mengobati berbagai penyakit.Kecombrang adalah tanaman tahunan besar dalam rumpun besar batang tegak, berdaun setinggi 6 meter dan batang berbunga sekitar 60 – 100 cm. Tanaman ini di gunakan secara lokal sebagai makanan dan obat-obatan. Ini sangat banyak di tanam sebagai tanaman hias di daerah tropis terutama karena tampilan bunganya yang menarik. Tanaman ini lebih menyukai berada di bawah sinar matahari penuh atau teduh. Ini dapat tumbuh dengan baik di tanah yang lembab, subur, tetapi memiliki drainase yang baik Penelitian IOP Conference Series Earth and Environmental Science mencatat, daun kecombrang dapat mempengaruhi dekomposisi, struktur mikro dan kualitas sensoris daging pada suhu lemari es.kecombrang segar mengandung nutrisi:

  • Air: 90 gram
  • Kalori: 34 kkal
  • Protein: 0,9 gram
  • Lemak: 1,0 gram
  • Karbohidrat: 6,7 gram
  • Serat: 2,6 gram
  • Kalsium: 60 miligram