No Widgets found in the Sidebar
manfaat batang tertai

Manfaat Batang Teratai, Teratai dapat di olah menjadi goreng ataupun di kari, kami senang memiliki batang teratai dalam berbagai cara.

Memiliki tekstur yang renyah dan rasanya yang agak manis dan berair, menjadikan sayuran ini sangat serbaguna dalam dunia gastronomi.

Akan tetapi tahukah Anda, kamal kakdi juga sangat sehat?

Meskipun kami memiliki berbagai informasi tentang keserbagunaan sayuran, tidak sedikit yang telah membahas tentang manfaat nya.

akan tetapi tidak perlu khawatir, seperti biasa kami siap membantu anda, dan kami membawa beberapa manfaat kamal kakdi yang di rekomendasikan para ahli, yang harus di ingat.

Dan untuk saran ini, telah di berikan dari ahli gizi gizi selebriti Lovneet Batra.

Dia turun ke instagram khusus, untuk menjelaskan secara rinci dan menulis kan, bahwa akar teratai juga di sebut sebagai kamal kakdi.

Dalam bahasa hindi, adalah sayuran serbaguna. lebih dari rasa nya yang lezat, itu di kemas dengan berbagai nutrisi kuat.

Dan berkhasiat meningkatkan kesehatan, mari kita lihat:

Berikut 4 Manfaat Kesehatan Batang Teratai yang Disarankan Ahli (Kamal Kakdi):

  1. di ketahui, membantu pencernaan: akar teratai yang berkayu dan berdaging di kemas dengan serat makanan. yang di kenal dapat menekan fases dan memperlacar buang air besar, Dan akar teratai dapat mengurangi gejala sembelit sekaligus mengoptimalkan penyerapan nutrisi, melalui sekresi cairan pencernaan dan lambung, serta merangsang gerakan peristaltik pada otot usus halus untuk memudahkan buang air besar dan teratur.
  2. Selanjut nya Mengurangi Risiko Anemia: Akar teratai memiliki kandungan zat besi dan tembaga yang signifikan, yang memainkan peran utama.

dalam menghasikan sel darah merah, Mereka juga mengurangi risiko mengembangkan gejala anemia dan meningkatkan aliran darah. Oleh karena itu, akar ini membantu dalam merangsang sirkulasi darah dan meningkatkan oksigenasi organ.

 Manfaat Batang Teratai

3. kemudian Tekanan Darah Teratur: Tingkat signifikan kalium, di temukan dalam akar teratai memastikan keseimbangan yang tepat antara cairan, dalam tubuh dan juga melawan efek natrium dalam aliran darah kita.

Baca Juga  Turun peranakan - Gejala, penyebab dan mengobati

Untuk Kalium adalah vasodilator, yang berarti bahwa ia melemaskan pembuluh darah dan dengan mengurangi kontraksi dan kekakuan,Dan ia meningkatkan aliran darah dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular.

4. Memberikan Kejernihan Mental:Salah satu unsur vitamin B kompleks adalah piridoksin.

Ini secara langsung berinteraksi dengan reseptor saraf di otak yang memengaruhi suasana hati dan kondisi mental. Ini juga mengontrol iritabilitas, sakit kepala, dan tingkat stres.
Sekarang setelah Anda mengetahui manfaat dari kamal kakdi yang super lezat, kami sarankan, dapatkan beberapa dari pasar dan buat sendiri semangkuk kamal kakdi sabzi, keripik, dll. Kami juga menyediakan beberapa resep batang teratai favorit kami untuk Anda. Klik di sini untuk tahu lebih banyak.

Habitat Tanaman Teratai

Teratai biasa tumbuh di kolam lumpur, sungai, maupun rawa. Untuk kamu yang memiliki kolam ikan di rumah, ini bisa menjadi salah satu ide menarik lainnya. Kamu bisa menghias kolam ikan milik kamu dengan menambahkan tanaman Teratai agar terlihat semakin cantik. Tanaman ini cenderung lebih senang tinggal pada tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung, dengan iklim yang cenderung hangat. Namun, tanaman ini dapat tumbuh pada berbagai iklim, terkecuali yang terlalu dingin dan membuat air pada kolam teratai menjadi membeku.

4 Manfaat Batang Teratai untuk Kesehatan

 Manfaat Batang Teratai

Batang teratai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari menangkal radikal bebas hingga menurunkan kolesterol.

Sayuran dengan nama ilmiah Nelumbo nucifera ini sangat populer di India dan beberapa negara Asia lainnya termasuk Cina dan Jepang.

Batang teratai panjang, montok dan berwarna coklat muda dan tinggi batang dapat bervariasi antara 2 sampai 4 meter.

Ketika kulit luar batang dikupas dan kemudian dipotong-potong, Anda dapat menemukan lubang-lubang kecil di dalamnya, yang tidak lain adalah bilik udara yang mengalir melalui seluruh batang teratai.

Batang teratai ini sarat dengan nutrisi dan memiliki beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa.

1. Manfaat Batang Teratai Menyehatkan jantung

Batang teratai juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga  Obat Sirup Yang Di Tarik BPOM Di Peredaran

Kandungan kalsium pada batang teratai yang tinggi dapat mempengaruhi fungsi jantung.

2. Manfaat Batang Teratai Menguatkan tulang

Kandungan kalsium pada batang teratai juga dapat mempengaruhi kekuatan dan kepadatan tulang.

3. Manfaat Batang Teratai Memiliki sifat antioksidan

Konsumsi batang teratai dapat meningkatkan asupan antioksidan.

Batang teratai terbukti mengandung triptofan, yaitu asam amino yang mempengaruhi aktivitas antioksidan.4

4. Manfaat Bunga Teratai yang Tak Terduga

 Manfaat Batang Teratai

Dewasa kini, teratai juga banyak dipelihara sebagai tanaman hias di pekarangan rumah atau kolam.

Selain bunganya, bagian lain dari bunga teratai seperti batang, daun, dan akarnya juga memiliki banyak manfaat.

Ini dia 5 manfaat bunga teratai bagi kesehatan dan juga kecantikan.

1. Obat Diare

Salah satu manfaat bunga teratai yang paling umum dalam pengobatan tradisional Tiongkok adalah untuk menghentikan diare.

Cara meracik obat alami ini adalah dengan merendam biji teratai dalam air hangat selama beberapa jam lalu tambahkan gula batu sebelum diminum.

Penelitian dalam Jurnal Sains dan Teknologi Farmasi Indonesia yang dilakukan sekelompok peneliti di Indonesia menunjukan bahwa biji teratai putih efektif untuk meredakan gejala diare.

Meski masih diuji oleh objek lain selain manusia, hasil penelitian ini selaras dengan pengobatan alternatif yang telah lama dilakukan di Tiongkok.

Mereka melakukan uji aktivitas antidiare dalam ekstrak etanol biji teratai putih terhadap tikus jantan

2. Menetralkan Gula Darah

Ada banyak makanan yang secara alami dapat menetralkan kadar gula darah dan lemak darah. Salah satunya adalah bagian akar teratai.

Manfaat bunga teratai terutama pada bagian akarnya mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang bisa membantu mengelola dua komponen yang memicu penyakit kardiovaskular.

Karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak nutrisi daripada karbohidrat sederhana.

Mereka lebih tinggi serat dan dicerna lebih lambat. Hal ini juga membuat gizi yang terkandung di dalamnya jadi lebih banyak.

Artinya, hal bisa jadi pilihan yang baik untuk mengontrol berat badan.

Karbohidrat kompleks seperti serat dan pati juga ideal untuk penderita diabetes tipe 2 karena membantu mengelola lonjakan gula darah setelah makan.

Serat sangat penting karena meningkatkan keteraturan usus dan membantu mengontrol kolesterol.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu zat gizi yang banyak di temukan pada manfaat bunga teratai adalah kalium. Zat ini di perlukan untuk menjaga keseimbangan cairan serta membantu menjaga pembuluh darah tetap terbuka lebar.

Baca Juga  Penyakit Cacar Monyet Dan Cara Pencegahan Cacar Monyet

Mineral ini tergolong elektrolit karena sangat reaktif dalam air. Ketika di larutkan dalam air, menghasilkan ion bermuatan positif.

Sifat khusus ini memungkinkannya menghantarkan listrik, yang penting untuk banyak proses di seluruh tubuh. Menariknya, diet kaya kalium di kaitkan dengan banyak manfaat kesehatan yang kuat. Ini dapat membantu mengurangi tekanan darah dan retensi air, melindungi dari stroke dan membantu mencegah osteoporosis dan batu ginjal. Salah satu studi yang di publikasikan di The British Medical Journal di Amerika Serikat menunjukan bukti bahwa peningkatan asupan kalium mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi. Hal ini juga tidak memiliki efek buruk pada konsentrasi lipid darah, konsentrasi katekolamin, atau fungsi ginjal pada orang dewasa. Asupan kalium yang lebih tinggi di kaitkan dengan risiko stroke 24% lebih rendah. Jadi, salah satu manfaat Teratai adalah membantu menjaga tekanan darah tetap seimbang dalam batas normal.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Serat dan karbohidrat kompleks yang di temukan pada akar teratai dapat membantu memelihara sistem pencernaan tetap sehat. Serat juga sangat baik dalam meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Pasalnya, beberapa jenis serat di ketahui menyediakan sumber makanan bagi bakteri baik di dalam usus, dan membantu mereka berkembang biak. Bakteri-bakteri ini kemudian akan memproduksi berbagai senyawa yang melindungi kesehatan usus. Maka, dengan mengonsumsi serat cukup, artinya kita turut meningkatkan kesehatan serta melindungi sistem pencernaan. Apabila Moms sering mengalami masalah pencernaan, terutama sembelit, Moms bisa mencoba mengonsumsi bahan makanan yang satu ini.

5. Meringankan Peradangan

Peradangan biasanya di sertai dengan sensasi panas dan nyeri. Sebuah studi dalam Journal of Ethnopharmacol tahun 2013 menyebut, biji dari varietas teratai merah dan putih dapat membantu mengatasi sensasi peradangan tersebut.

Manfaat bunga teratai tersebut berasal dari senyawa plumule yang di ketahui memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang tinggi.

Sehingga bisa meredakan gejala peradangan dan membuat tubuh kembali nyaman.

Teratai banyak di gunakan sebagai pengobatan tradisional Tiongkok.

Di antara komponen aktif dalam plumula teratai, polisakarida menunjukkan potensi yang menjanjikan, karena efek anti-inflamasinya yang kuat.

Namun, mekanisme anti-inflamasi polisakarida yang di murnikan dari batang teratai masih belum di ketahui.