Daftar NPWP Online Pribadi

Daftar NPWP Online Pribadi, Menurut definisi singkatannya, NPWP adalah Nomor Pokok Wajib Pajak. Dalam Pasal 1 Nomor 6 pada UU No. 28 Tahun 2007, adalah identitas, tanda pengenal bagi wajib pajak dalam rangka memenuhi hak dan kewajiban perihal perpajakan. NPWP wajib dimiliki oleh setiap yang berpenghasilan. Setiap wajib pajak memiliki satu NPWP. Kepemilikan NPWP berarti anda telah diakui sebagai wajib pajak oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Adapun yang menerbitkan NPWP adalah Kantor Pajak, dan ketentuannya diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak.

Apa Itu NPWP Online?

NPWP Online adalah alternatif kepemilikan NPWP yang bisa digunakan sebagai tanda pengenal bagi wajib pajak berupa dokumen online/dokumen elektronik. Pembuatannya pun lebih mudah dibandingkan NPWP fisik/cetak.

Jenis NPWP Online

Sama halnya dengan NPWP cetak, Terdapat dua jenis NPWP Online yaitu NPWP Online badan/perusahaan dan NPWP Online pribadi/perorangan. Selanjutnya, mari kita bahas lebih detail perbedaan dari NPWP Online badan/perusahaan dan NPWP Online pribadi/perorangan.

NPWP Online Pribadi

NPWP di miliki sebagai identitas wajib pajak orang pribadi. NPWP biasanya dibuat saat seseorang akan melamar kerja sebagai persyaratan menjadi karyawan, maupun saat akan mendaftarkan legalitas perusahaannya di mana pribadi tersebut berperan sebagai pemegang saham atau pengurus perusahaan. Terdapat 4 kategori wajib pajak pribadi, di antaranya:

NPWP Online Badan

Bagi perusahaan, NPWP online badan ini di perlukan sebagai identitas wajib pajak perusahaan. NPWP online badan biasanya di buat saat pendirian perusahaan, sebagai salah satu syarat pendirian/legalitas perusahaan. Badan sebagai wajib pajak perlu memiliki NPWP untuk membayarkan pajak, memotong, dan memungut pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Terdapat 2 kategori untuk NPWP badan, yaitu:

Baca Juga  Manfaat Biji Selasih

Manfaat Kepemilikan NPWP Online

Berikut ini adalah berbagai manfaat dari kepemilikan NPWP Online, baik untuk pribadi maupun badan:

Detail Kartu NPWP Online

Sama dengan kartu NPWP cetak, Nomor NPWP Online terdiri dari 15 digit angka, di mana sembilan digit di awal merupakan kode wajib pajak, sedangkan tiga digit berikutnya adalah kode administrasi kantor pajak tempat lokasi (Kantor Pelayanan Pajak) terdaftar, dan tiga digit angka akhir adalah kode status wajib pajak. Nomor pokok wajib pajak ini di buat secara otomatis menggunakan sistem informasi terintegrasi yang di kelola oleh kantor pusat Di rektorat Jenderal Pajak.

Syarat Pembuatan NPWP

Berikut ini kami bahas mengenai syarat pembuatan NPWP Online pribadi. Sebaiknya siapkan dulu semua persyaratan yang di butuhkan sebelum memulai pendaftaran NPWP Online agar memudahkan proses pendaftaran nantinya.

Syarat Pembuatan NPWP

  1. Fotokopi E-KTP bagi WNI (Warga Negara Indonesia).
  2. Fotokopi paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) bagi WNA (Warga Negara Asing).
  3. Surat keterangan bekerja/surat keterangan karyawan. Karena salah satu syarat dari pembuatan NPWP pribadi adalah memiliki penghasilan.
  4. Fotokopi NPWP Suami, Kartu Keluarga, dan Surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta, bagi Wanita yang sudah menikah.

Daftar NPWP Online Pribadi

Berikut ini Daftar NPWP Online Pribadi kami informasikan mudahnya mendaftar NPWP Online pribadi, karena dapat di lakukan hanya dalam 5 menit Daftar NPWP Online Pribadi!

  1. Kunjungi laman https://ereg.pajak.go.id/daftar untuk melakukan registrasi awal
  2. Tuliskan email aktif yang sering Kamu gunakan untuk memudahkan proses pendaftaran, verifikasi, dan informasi notifikasi lainnya dari DJP. Berikut ini adalah tampilan jika kamu sudah mengunjungi laman di atas untuk melakukan registrasi awal. Jika sudah menginput email, maka akan mendapat notifikasi sebagai berikut:
  3. Cek email pribadi yang sudah kamu input sebelumnya untuk mendapatkan link verifikasi pendaftaran. Email di kirim otomatis by sistem dengan judul \”Email Aktifasi Ereg\”. Silahkan klik link verifikasi yang tertera pada email tersebut untuk melanjutkan pendaftaran. Jika tidak menemukan di inbox/kotak masuk email, silahkan cari di folder Spam.
  4. Setelah meng-klik link verifikasi pada email, akan ada formulir isian data untuk login sebagai berikut: Jika sudah mengisi data di atas dengan lengkap dan meng-klik Daftar, akan ada notifikasi
  5. Silahkan cek kembali email kamu untuk melanjutkan proses pendaftaran akun. Email di kirimkan otomatis by sistem dengan judul: \”Email Aktifasi Akun\”. Lalu klik link aktivasi yang tertera pada email untuk melanjutkan pengisian data. Jika tidak di temukan di kotak masuk/inbox, silahkan cek di Spam
    Jika sudah meng-klik link aktivasi maka akan muncul notifikasi sebagai berikut:
  6. Akun DJP Pribadi kamu telah selesai di buat. Tahapan selanjutnya adalah mengisikan sejumlah data identitas pribadi kamu dan meng-upload persyaratan yang dibutuhkan.
Baca Juga  Turun peranakan - Gejala, penyebab dan mengobati

Berikut ini tampilan formulir registrasi Data Wajib Pajak.

Daftar NPWP Online Pribadi
  • Isikan Identitas dan data Wajib Pajak sesuai badan usaha kamu, seperti yang tertera pada tampilan berikut dengan baik, dan lanjutkan proses pengisian hingga poin ke -10.
  • Jika sudah selesai pengisian hingga poin ke-10, Selanjutnya, klik \”Simpan\”.
  • Kemudian jika kamu kembali pada halaman Dashboard pada web DJP, akan muncul informasi bahwa file permohonan NPWP kamu sudah berstatus \”Lengkap\”.
  • Kemudian silahkan Klik \”Minta Token\” dan Lengkapi Captcha yang tertera.
  • Selanjutnya, cek email kamu, Email di kirim otomatis dari [email protected] untuk mendapatkan Token verifikasi NPWP Online kamu.
  • Silahkan kembali ke dashboard aplikasi DJP Online, kemudian klik \”Kirim Permohonan\”. Centang kotak pada ketentuan yang di berikan. Kemudian, Salin token yang telah kamu terima melalui email ke kolom \”Isi Token\” dan Klik \”Kirim\”.
  • Voila!, NPWP Online Kamu telah jadi! Kamu dapat mengecek kembali ke dashboard utama akun DJP kamu. Kamu akan melihat status NPWP kamu akan berubah dari \”Lengkap\” ke \”Verifikasi\”. Selanjutnya, langsung akan ada email dari [email protected] yang melampirkan NPWP di gital sekaligus nomor NPWP kamu.

Cetak Kartu Fisik NPWP

Kamu tidak perlu khawatir, karenapada umumnya, di kondisi normal, kartu NPWP akan di kirimkan ke alamat rumah kamu dalam waktu 1-2 bulan. Namun jika dalam waktu sebulan hingga dua bulan kartu NPWP cetak kamu belum di kirimkan, kamu dapat menghubungi KPP tempat pendaftaran NPWP kamu, mengambil nomor antrian, dan mengambil NPWP langsung ke kantor KPP terkait.

Semoga artikel ini bermanfaat! Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *