June 21, 2024

SEPUTAR INFORMASI TUTORIAL

Tutorial online terbaik dan terpopuler

Cara Mudah Backup Data & Mengetahui Aktivitas Pengguna WiFi

5 min read
Cara Mudah Backup Data
Cara Mudah Backup Data

Cara Mudah Backup Data, Hay sobat mimin apa kabar kembali lgi niih di artikel yang kita sanyanggi dan pada kali ini mimin akan membhas cara backup data baik berupa foto, video, dan file lain yang tersimpan di ponsel Android ke PC menggunakan USB. Artikel juga mencakup informasi tentang membuat backup Android lengkap di PC menggunakan aplikasi Dr. Fone.

Cara Backup Data Android ke PC Melalui USB

Jika menyimpan informasi atau file penting di ponsel Androidmu, penting untuk mengetahui cara backup data dari ponsel Android ke PC. Backup data Android ke Google Drive itu sederhana, tetapi jika kamu lebih suka menyimpan backup Android di PC, kamu perlu perlu menggunakan cara berbeda. Jika khawatir tentang foto, video, dan file lain yang tersimpan di Android, mentransfernya melalui USB adalah metode termudah. Caranya:

  • Nyalakan perangkat Android. Gunakan kabel USB, colokkan ujung USB ke komputermu dan ujung lainnya ke Android.
  • BukaSettings > General > Developer options (opsi pengembang) dan ketuk debugging USB atau debugging Android.
  • Tips : Jika kamu tidak melihat opsi Pengembang, pilih Setting > System > About Phone, lalu tap nomor build tujuh kali dengan cepat.
  • Cek notifikasi dan klik item USB untuk opsi lainnya, lalu pilih Transfer file.
  • Kamu akan melihat Androidu Anda muncul sebagai perangkat yang tersedia untuk di jelajahi di Windows File Explorer, memungkinkanmu untuk – menyalin file dari ponsel Android ke PC.

Mencadangkan gambar, video, dan file secara manual dari ponsel adalah cara termudah untuk menghemat data, tetapi tidak akan menyimpan kontak, pesan teks, dan item lain yang mungkin ingin kamu cadangkan juga. Karena itu, kamu perlu membuat cadangan file baru.

Cara Melakukan Backup File dengan Aplikasi Dr. Fone

Jika kamu ingin melakukan backup penuh dari ponsel ke PC, cara terbaik adalah dengan menginstal aplikasi tambahan. Salah satu aplikasi pencadangan Android terbaik adalah Dr.Fone, yang memungkinkanmu melakukan backup dan restore data penuh dari perangkat Android. Kamu juga dapat mencadangkan data tertentu dari ponsel ke komputer. Ini di lakukan tanpa memerlukan akses root ke telepon. Caranya :

  • Unduh dan instal Dr.Fone ke PC.
  • Setelah menginstal Dr.Fone, aplikasi akan memintamu untuk menghubungkan telepon jika kamu belum melakukannya. Ikuti langkah-langkah di atas untuk mengaktifkan USB debugging agar koneksi berfungsi.
  • Setelah terhubung dengan software yang berjalan, kamu akan melihat jendela di mana kamu dapat backup atau restore ponsel Android.
  • Untuk melakukan backup pertamamu ke PC, pilih Backup.
  • Itu akan membuka jendela baru di mana kamu bica memilih komponen ponsel mana yang ingin di cadangkan. Ini default untuk setiap opsi, – tetapi kamu bisa membatalkan pilihan manapun yang kamu suka.
  • Di perlukan paket premium untuk mencadangkan data Aplikasi.
  • Setelah selesai memilih item yang di inginkan, pilih Backup untuk memulai proses backup. Kamu akan melihat status saat software menyalin komponen tersebut ke komputer lokal.
  • Setelah backup selesai sepenuhnya, kamu bisa memilih Lihat View Backup History or Open Backup Location. Pada titik ini, backup telah – selesai sepenuhnya dan siap untuk di pulihkan kapan pun kamu membutuhkannya.
  • Saat kamu perlu restore backup yang telah di buat, cukup buka Backup History, pilih backup terbaru, lalu pilih next untuk memulai.
  • Proses restore menggunakan Dr.Fone sama cepat dan mudahnya dengan proses backup.

Fitur tambahan yang bagus dari Dr.Fone adalah kamu bisa menautkannya dengan backup otomatis iTunes, iCloud, atau Google Cloud yang ada dan menggunakan Dr.Fone untuk melakukan restore. Itulah cara mudah backup data android ke PC tanpa aplikasi dan dengan bantuan aplikasi seperti Dr.Fone. Semoga bermanfaat.

Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna WiFi

Cara mengetahui aktivitas pengguna WiFi mungkin di butuhkan jika kamu merasa koneksi WiFi di rumahmu lemot. Bisa jadi ada pengguna lain selain keluargamu yang terkoneksi dengan WiFi tersebut. Terdapat berbagai cara mengetahui siapa saja yang menggunakan jaringan WiFi rumahmu. Dengan begitu, kamu bisa melakukan tindakan pencegahan jika ada pengguna ilegal. Kamu juga bisa tahu situs apa saja yang diakses oleh orang tersebut atau yang sisebut dengan history WiFi.

1. Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna WiFi di Android dan PC

Cara pertama yakni dengan memanfaatkan fitur history pada browser yang di gunakan. Ini cukup mudah di terapkan untuk mengetahui riwayat WiFi pada ponsel anak di bawah umur. Berikut caranya: Salah satu cara termudah yang bisa kamu lakukan untuk melihat aktivitas pengguna WiFi adalah dengan menggunakan fitur history pada browser yang di gunakan.

  • Buka browser yang terinstal dan sering di gunakan (misalnya Chrome)
  • Pilih menu setting
  • Klik opsi menu History
  • Untuk lebih mudah, kamu bisa menggunakan shorcut dengan kombinasi tombol Ctrl+H untuk mengakses menu history

2. WiFi Menggunakan Wireshark

Cara kedua adalah menggunakan Wireshark. Wireshark merupakan software yang di gunakan untuk melakukan analisis paket data secara realtime. Software tersebut bisa melakukan paket fltering, color coding, sniffing atau fitur lainnya yang akan menyajikan detail traffic jaringan dan inpeksi paket data. Dengan bantuan Wireshark, kamu bisa mengetahui smua aktivitas transfer data pada jaringan WiFi yang di targetkan. Berikut langkahnya:

  • Download kemudian instal Wireshark di PC
  • Setelah proses instal selesai, buka aplikasi
  • Pastikan PC tersambung dengan WiFi, pada tabel Interface List pilih opsi WiFi sebagai jaringan yang ingin di pantau
  • Jika sudah, klik start
  • Pada kolom filter, ketikkan http lalu enter untuk melihat website yang sedang di akses di jaringan WiFi
  • Pilih salah satu data yang terdapat kata GET dan di sampingnya ada nama yang bisa terbaca
  • Klik pada Hypertext Transfer Protocol untuk mengetahui nama situs yang di akses. Kamu juga bisa melihat bagian Source untuk melihat alamat IP dari orang yang membuka situs tersebut.

Perlu di ketahui, cara ini tidak bisa di lakukan jika situs yang di akses menggunakan HTTPS. Kamu juga tidak bisa mengetahui data-data penting pada situs tersebut seperti password. Apalagi sekarang sebagian besar website sudah menggunakan HTTPS karena data yang di kirimkan oleh HTTPS akan terenkripsi dan lebih aman.

3. Menggunakan Custom Firmware pada Router

Router merupakan hardware yang di gunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan sekaligus. Dengan pengaturan router WiFi, kamu bisa mendapatkan koneksi internet yang ngebut. Router biasanya punya firmware atau sistem operasi yang sudah di instal oleh produsen saat kamu membelinya. Meski begitu, kamu bisa melakukan kustomisasi jika mendukung. Carilah custom firmware dengan fitur URL Logging untuk mengetahui history WiFi seseorang. Salah satu custom firmware untuk router yang bisa kamu gunakan adalah OpenWrt. Kamu bisa mencari di internet lebih lanjut untuk cara penggunaanya.

4. Menggunakan Transparent Proxy Server

Cara terakhir adalah dengan menggunakan transparent proxy server. Itu adalah server yang bisa mengarahkan traffic web melalui Proxy yang kamu buat. Dengan konfigurasi tersebut, kamu bisa melihat riwayat pengguna WiFi karena URL dari tiap traffic akan terlihat melalui log. Cobalah untuk memakai proxy server Squid untuk melihat history WiFi melalui transparent proxy server. Selain mendukung HTTP dan HTTPS sekaligus, ia juga kompatibel dengan banyak Operasi System (OS) seperti Windows dan Linux.

Penutup

Nah, itulah berbagai cara mengetahui aktivitas pengguna WiFi yang bisa kamu lakukan. Gunakan secara bijak dan bertangung jawab ya. Jika ingin menyembunyikan riwayat WiFi agar tidak ketahuan, kamu bisa menggunakan mode Incognito atau VPN. Kamu bisa membaca Aplikasi VPN Terbaik untuk Android dan IOS pilihan palabrafiel.