May 27, 2024

SEPUTAR INFORMASI TUTORIAL

Tutorial online terbaik dan terpopuler

Cara Merubah Akun Instagram Personal Ke Bisnis

6 min read
Cara Merubah Akun Instagram
Cara Merubah Akun Instagram

Cara Merubah Akun Instagram, Hay, sobat mimin apa kabar kembali lagih nih di artikel yang kita sayanggi ini dan kali mimin akan membahas cara merubah akun instgram Personal Ke Bisnis Akun Instagram bisnis sendiri memberikan fitur yang lebih bermanfaat untuk pengelolaan usaha seperti pemasaran online. Dengan merubah akun Instagram dari personal ke bisnis akan membantu kamu mempromosikan bisnis lebih luas lagi. Mau tahu caranya? Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Merubah Akun Instagram Personal Ke Bisnis

Sebagai persiapan, kamu harus menyambungkan terlebih dahulu akun Instagram dengan facebook agar bisa di ubah menjadi ig bisnis. Syarat selanjutnya, akun Instagram dalam kondisi publik, jadi tidak di privat ya. Jika sudah, ikuti langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Instagram di hp kamu
  • Login dengan akun Instagram yang kamu miliki dan pergilah ke ‘’pengaturan’’
  • Geser ke bawah hingga kamu menemukan opsi “Switch to Professional Account/Beralih ke Akun Bisnis
  • Lanjutkan dengan menekan tombol Continue/Lanjutkan
  • Pilih kategori pilihan yang sudah di sediakan sesuai dengan bisnismu. Jika sudah klik Done/Selesai
  • Tentukan jenis akun antara akun bisnis/kreator. Jika kamu ingin berjualan pilihlah bisnis, jika ingin menjadi – streamer, selebram atau fokus membuat konten pilihlah kreator
  • konfirmasi alamat email dan nomor telepon bisnis
  • Klik tombol lanjutkan, kemudian login ke akun Facebook yang sudah kamu sambungkan dengan Instagram
  • Klik Fanspage, jika kamu belum membuatnya, bisa langsung buat di sana
  • Lengkapi kontak seperti nomor telepon, email dan alamat bisnis

Selesai, jika sudah ada kategori bisnis kamu di atas bio, sudah pasti kamu berhasil merubah akun Instagram personal ke bisnis. Jika kamu mengalami kendala saat merubah akun Instagram ke versi bisnis, pastikan untuk menggunakan akun ig terbaru yang sudah di update. Setelah akun bisnis berhasil di buat, kamu bisa mengubahnya kembali menjadi akun pribadi atau personal kapan saja.

Kelebihan Menggunakan Akun Instagram Bisnis

Instagram merancang akun bisnis untuk mengoptimalkan tujuan bisnis mulai dari berjualan online, publishing media, local marketing, dan sebagainya. Instagram bisnis tentu saja punya banyak membawa keuntungan bagi para pemilik akun. Berikut ini sejumlah kelebihan menggunakan ig bisnis.

1. Instagram Insight, Membuat Content Marketing Lebih Optimal

Insight membantu kamu memahami data analisis yang berkaitan dengan akun. Kamu akan mengetahui statistik yang berkaitan dengan pengunjung dan postingan juga. Sejumlah data yang bisa di lihat dari Insight Instagram meliputi :

  • Data statistik penayangan
  • Tingkat interaksi (engagement)
  • Usia dan gender dari pengunjung/audience
  • Geolocation atau lokasi dari pengunjung
  • Membaca insight instagram

Fitur-fitur di atas akan membantu kamu memahami seperti apa pasar bisnis potensial, konten apa yang mendapatkan banyak like dan siapa pengunjung yang sering melihat postinganmu.Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan strategi konten yang sesuai tipe audiens mulai dari trend, gaya bahasa dan topik di skusi. Kamu juga bisa memposting konten sesuai jam online audience terbanyak. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan engangement atau tingkat keterlibatan Instagram.

2. Calon Pembeli Lebih Mudah Menemukan Toko Kamu

Jika menggunakan akun bisnis, calon pembeli akan lebih mudah menemuk an toko kamu. Tiap akun bisnis punya kategori bisnis yang akan memudahkan kamu bertemu calon pembeli yang tepat. Kategori dalam akun ig bisnis cukup banyak, mulai dari desain, keuangan, makanan, fashion, dan masih banyak lagi. Dengan adanya fitur tersebut, calon konsumen lebih mudah menemukan apa yang mereka butuhkan.

3. Interaksi Pembeli dan Penjual Lebih Mudah

Dengan menggunakan akun ig bisnis, interaksi dengan calon pembeli juga mudah karena punya tujuan jelas. Akun ig bisnis juga memungkinkan kamu berkomunikasi dengan para calon pembeli dengan banyak opsi. Mulai dari menggunakan telepon, email atau langsung di arahkan ke akun toko online atau website yang kamu miliki. Kemudahan dalam berinteraksi inilah yang akan membantu akun dan bisnis yang di bangun lebih cepat tumbuh dan berkembang.

4. Memisahkan Postingan Pribadi dan Bisnis

Jika kamu benar-benar serius ingin mengembangkan bisnis melalui Instagram, sudah seharusnya memisahkan antara postingan pribadi dan bisnis. Dengan begitu, konten lebih teratur dan terarah. Kamu bisa membuat konten yang berkaitan dengan bisnis dan bermanfaat bagi para audience. Kamu juga bisa membangun kesaran merek dan produk dengan cara tersebut.

5. Ada Fitur Instagram Shopping

Instagram shopping adalah fitur ig bisnis yang memungkinkan kamu memasukkan post yang mengandung tag produk. Saat pengunjung klik di tag tersebut, secara otomatis akan di arahkan ke website brand kamu. Tapi, tidak semua akun ig punya akses ke fitur tersebut. Hanya akun yang sudah memenuhi persyaratan untuk di setujui saja. Salah satu syaratnya harus menghubungkan akun Instagram bisnis dengan katalog produk di Facebook.

Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode Terbaru!

Punya HP canggih kok masih kudet sih! Percuma banget dong! Apalagi kalau punya fitur yang bisa buat mengaktifkan Instagram Dark Mode. Sejak adanya fitur Dark Mode yang di rilis iPhone 13 lalu, semua device kini berlomba-lomba bikin fitur itu. Yang pasti, cuman device atau HP keluaran terbaru yang punya fitur ini. Ya tau sendiri kan kalau tampilan HP yang terang banget itu bisa bikin mata sakit! Jadi nggak bisa menyalahkan deh kalau banyak orang tua yang komplain terhadap kesehatan mata anak mereka gara-gara main HP.

Selain itu, HP juga penting banget untuk pebisnis terutama mereka yang menjalankan bisnis online. Kehidupan mereka nggak bakal bisa terpisah dari peran HP untuk melancarkan perputaran uang dan bisnis itu. Nah dengan latar belakang inilah muncul inisiatif untuk membuat user lebih nyaman pakai HP. Akhirnya, iPhone mengawalinya dengan membuat fitur Dark Mode. Bahagianya, fitur ini juga support untuk aplikasi, salah satunya adalah Instagram Dark Mode yang keren abis!

Terus, gimana cara mengaktifkan Instagram Dark Mode di iPhone dan Android ini? Tenang aja, kita udah merangkumnya khusus buat kamu. Bahkan, nggak cuman di iPhone dan Android aja, kamu juga bisa mengaktifkan fitur keren ini di Chrome loh! So, check it out ya!

Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode

Kayak yang kita jelaskan tadi, cara untuk mengaktifkan Instagram Dark Mode ini gampang banget. Tapi, cara ini dikit beda di iPhone dan Android serta di Chrome.

1. Instagram Dark Mode iPhone

Sebelum bisa mengaktifkan fitur Instagram Dark Mode ini, pastikan kalau iOS yang kamu pakai adalah iOS 13 atau diatasnya ya. Kalau versi iOS kamu dibawah itu, coba upgrade dulu ya sistemnya. Kalau system udah mumpuni, yuk langsung aktifkan Instagram Dark Mode nya!

  • Pastikan system iOS minimal versi iOS 13
  • Buka Menu Setting di iOS
  • Scroll ke bawah sampai ketemu sub menu Display and Brightness
  • Lihat Menu Light and Dark Mode
  • Klik menu Dark Mode
  • Semua system display di iPhone kamu bakal berubah ke Dark Mode
  • Kamu juga bisa pilih menu Automatic dimana system akan otomatis berubah tampilan Dark Mode dan Light Mode.

Jika menu itu masih belum kamu temukan, coba download update terbaru dari system iOS. Tapi kita jamin 100% kalau system udah update saat kamu beli iPhone baru-baru ini.

2. Instagram Dark Mode Android

Sama kayak kasus iPhone di atas. Pastikan untuk mengecek OS kamu sebelum bisa mengaktifkan Instagram Dark Mode ini. Pada dasarnya, fitur Instagram ini cuman bisa kamu akses dengan minimal OS Android 10. Meski begitu, Android punya limit tertentu yang nggak bisa kayak iOS. Tapi, nggak usah khawatir! Semuanya aman terkendali kok! Untuk aktifkan Instagram Dark Mode di Android, kamu cukup melakukan beberapa step ini.

  • Pastikan system OS yang kamu punya sekarang adalah versi OS 10 atau di atasnya. Kalau belum, update dulu ya. – Caranya: Klik Menu Setting >> System >> System Update!
  • Kalau udah OS 10, aktifkan langsung Dark Mode nya ya. Buka Setting > pilih Menu Display > klik Dark Mode.
  • Selain itu, kamu juga bisa aktifkan Dark Mode ini pakai fitur Battery Saver. Caranya buka Menu Setting > – Battery > Battery Saver. Kedua fitur ini, yaitu Battery Saver dan Dark Mode itu saling menyambung. Jadi jika – Battery Saver hidup, otomatis Dark Mode juga bakal hidup.
  • Buka Instagram dan nikmati Dark Mode yang udah aktif itu

Penutup

Nah, itulah cara merubah akun Instagram personal ke bisnis lengkap dengan kelebihannya. Kamu pun bisa lebih mudah menjaring calon pembeli potensial untuk produk yang dijual.