No Widgets found in the Sidebar
Cara Merawat Kelinci
Cara Merawat Kelinci

Cara Merawat Kelinci, Kelinci sebagai salah satu hewan berbulu yang menggemaskan telah menjadi peliharaan favorit banyak orang. Sebagai hewan herbivora bertubuh kecil hingga sedang, asupan makan kelinci perlu diperhatikan untuk menjaga agar kesehatan tubuhnya tetap optimal.

Tidak hanya itu, seperti hewan peliharaan lainnya, peliharaan kelinci juga memiliki perawatan tersendiri untuk menjaga dirinya tetap sehat dan panjang umur. Tentunya perawatan tersebut tidak bisa disamakan dengan perawatan peliharaan lain seperti kucing dan anjing.

Banyak orang yang memelihara kelinci tanpa mengetahui cara merawat kelinci yang baik dan benar. Hal ini akan menyebabkan masalah kesehatan pada kelinci yang sebenarnya bisa dicegah sejak awal. Yuk ketahui cara memelihara kelinci yang tepat!

14 Panduan Cara Merawat Kelinci yang Tepat agar Sehat Selalu


Suka banget sama kelinci, tapi sering gagal saat memelihara? Harapannya kelinci yang dipelihara bisa berumur panjang. Namun, kenyataannya ia cepat mati. Jika hal tersebut terjadi, kemungkinan besar ada yang salah dalam cara merawat kelinci yang kamu lakukan.

Cara merawat kelinci termasuk rumit. Jika hewan imut ini stres sedikit, maka ia akan mudah cepat drop dan akhirnya mati. Masalahnya, kelinci memang binatang yang gampang stres, baik itu karena soal makanan, kandang, ataupun teman sepermainannya.

Jadi, bagaimana cara merawat kelinci yang benar supaya binatang menggemaskan ini panjang umur? Coba praktikkan cara-cara merawat kelinci dari Kania di bawah ini dan kamu akan lihat, hewan peliharaan kesayangan tersebut akan berumur lebih lama.

1. Makanan Harus Tepat

Cara Merawat Kelinci

Masih suka memberi makan kelinci dengan wortel dan kangkung tiap hari? Kelinci kamu mungkin terlihat suka sama makanan tersebut, tapi itu tidak menunjang nutrisi yang diperlukan. Ujung-ujungnya, kelinci yang kamu punya akan mudah mengalami gangguan pencernaan dan berisiko mati.

Baca Juga  6 Cara Merawat Wajah Agar Kelihatan Tetap Fresh

Cara merawat kelinci yang tepat adalah memberi makanan yang variatif, mulai dari jerami sebagai sumber serat sampai camilan khusus agar ia senang. Akan tetapi, hindari memberikan kacang-kacangan pada kelinci karena jenis makanan ini tidak cocok untuk pencernaannya.

2. Pastikan Air Selalu Tersedia

Cara merawat kelinci yang tidak boleh kamu abaikan adalah ketersediaan air di kandang. Kamu harus memastikan bahwa di kandang tersebut sudah tersedia air bersih. Untuk itu, taruhlah air dalam mangkuk kecil di kandangnya dan biasakan untuk mengecek serta mengisi ulang atau menggantinya tiap hari.

3. Singkirkan Bulu Hewan Lain

Cara Merawat Kelinci

Sistem pencernaan kelinci yang rumit membuatnya sulit memuntahkan suatu benda asing jika masuk ke mulutnya. Jadi, jika kamu memelihara hewan lain selain kelinci, perhatikanlah agar bulu hewan tersebut tidak ada di sekitar kelincimu. Begitu juga dengan atau gumpalan rambut yang rontok. Apabila ia tidak sengaja memakannya, pencernaan kelincimu berisiko mengalami gangguan dan bisa membuatnya cepat mati.

4. Ukuran Kandang Jangan Terlalu Sempit

Kebanyakan orang memelihara kelinci di kandang, tapi sedikit orang yang tahu ukuran kandang yang tepat. Padahal, memilih ukuran kandang sendiri merupakan cara merawat kelinci yang penting. Ukuran kandang kelinci sebaiknya jangan terlalu kecil agar ia tetap nyaman bermain dan melompat dalam kandangnya. Kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyediakan kandang dengan ukuran minimal 5 kali ukuran tubuh kelinci peliharaanmu.

5. Sediakan “Kondominium” untuk Kelinci

Cara Merawat Kelinci

Kelinci peliharaanmu akan lebih senang jika memiliki “kondominium” dalam kandangnya. Ini membuatnya memiliki tempat untuk tidur maupun bersembunyi. Kamu bisa membuat kondominium tersebut dari kardus. Cara merawat kelinci ini mungkin terkesan sepele, tapi adanya kondominium ternyata sangat penting supaya kelincimu tidak gampang stres.

6. Taruh Kelinci dalam Ruangan

Punya kebiasaan menaruh kandang kelinci di luar ruangan, seperti pekarangan dan halaman rumah? Jika begitu, jangan heran kalau kelinci peliharaanmu cepat mati. Cara merawat kelinci ini justru membuatnya mudah stres karena merasa tertekan dengan keadaan lingkungan dan hewan lain yang bisa saja ada di sekitarnya. Kelinci termasuk hewan yang sulit beradaptasi sehingga menaruhnya di luar ruangan akan membuatnya bekerja keras menyesuaikan diri dengan panas, dingin, terang, maupun gelap. Oleh karena itu, sebaiknya peliharalah kelinci di dalam ruangan rumahmu.

Baca Juga  Obat Meriang Tradisional yang Mudah Di Temukan Di Rumah

7. Beri Waktu Keluar Kandang

Cara Merawat Kelinci

Jangan menaruh kelinci di dalam kandang seharian. Cara merawat kelinci yang tepat adalah dengan selalu memberinya waktu keluar kandang setiap hari. Membiarkan kelinci berkeliaran dengan lincah dalam 1—2 jam dalam sehari bisa membuatnya lebih mampu berolahraga maksimal dan menjelajah berbagai area di rumah. Ia pun lebih senang dan umurnya akan lebih panjang.

8. Hindari Belai Area Kepala

Mungkin kamu menganggap bahwa salah satu cara merawat kelinci yang tepat adalah dengan sering membelai kepalanya karena akan membuatnya senang dan merasa disayangi. Namun, justru sebaliknya. Cara merawat kelinci yang seperti itu akan membuatnya merasa stres karena kelinci sangat merawat area kepala mereka. Sentuhan dan belaian dari tanganmu di area tersebut bisa membuat mereka merasa gagal dalam menjaga area kepala. Kalau kamu ingin membelai binatang lucu ini, sebaiknya usap saja badannya secara perlahan.

9. Angkat dengan Benar

Cara Merawat Kelinci

Kamu tahu nggak kalau kelinci bisa cepat mati kalau kamu salah mengangkat dan menggendongnya? Oleh karena itu, sangat penting memahami bagaimana caranya mengangkat kelinci yang benar sebagai salah satu cara merawat kelinci. Hindari mengangkat hewan ini di bagian kuping atau hanya memakai satu tangan di bagian perut bawahnya. Tulang kelinci sangat rapuh dan jika tidak di pegang hati-hati, mereka bisa memberontak dan mematahkan tulangnya. Biasakanlah mengangkat kelinci dengan kedua tangan dan mendekapnya ke tubuhmu.

10. Cara Merawat Kelinci Pelihara Lebih dari Satu

Hanya memelihara satu kelinci sangat tidak direkomendasikan. Mungkin kamu berpikir supaya lebih mudah memeliharanya, tapi justru cara seperti ini akan membuat ia merasa kesepian dan semakin gampang stres. Kelinci adalah hewan yang bersosial tinggi. Jadi, ia akan lebih bahagia jika punya teman. Minimal, peliharalah 2—3 ekor kelinci sekaligus agar mereka bisa bermain bersama. Kalau kamu sudah terbiasa melakukan cara merawat kelinci yang tepat, di jamin binatang peliharaanmu yang satu ini akan berusia lebih panjang. Kamu pun bisa menghabiskan waktu lebih banyak untuk melihat kelucuan mereka yang menggemaskan.

11. Cara Merawat Kelinci Menjaga Kebersihan Kandang

Cara Merawat Kelinci

Saat kandang sudah siap, hal yang selanjutnya perlu di lakukan adalah menjaganya untuk tetap bersih. Kamu bisa memulainya dengan membersihkan kotak kotoran kelinci lalu mencuci wadah tempat kelinci minum.

Baca Juga  Cara Ampuh Merawat Motor Matic Agar Awet

Kamu juga perlu menyingkirkan serutan kayu dan jerami yang kotor. Lakukanlah ini secara berkala. Mengganti jerami yang baru cukup di lakukan satu minggu satu kali. Namun mencuci kotak kotoran dan tempat minum perlu di lakukan setiap hari.

Sediakan setidaknya dua kotak kotoran dan wadah air agar kandang tetap lengkap bahkan saat di bersihkan.

12. Cara Merawat Kelinci Memberikan Makanan Bernutrisi

Asupan nutrisi tentunya harus kamu perhatikan karena hal yang satu ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kelinci. Pilihan makanan kelinci yang bisa kamu berikan di antaranya adalah pelet dan rumput segar.

Namun, kamu dapat memberikan nutrisi tambahan dari beberapa sayuran seperti bayam, kol hijau, daun lobak, daun ketumbar, sawi, selada air, serta seledri. Berikan juga asupan air yang cukup di dalam kandangnya.

Perlu kamu tahu, meski terkenal sebagai pemakan wortel, ternyata kandungan gula yang tinggi pada wortel justru tak baik bagi kesehatan kelinci, lho! Namun, kamu tetap bisa memberinya wortel sesekali.

13. Ketahui Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci

Soal nutrisi, artinya kamu juga perlu tahu makanan apa yang tidak boleh di makan. Cukup banyak makanan yang tak boleh di makan oleh kelinci di antaranya adalah jagung, kobis, kacang-kacangan, dan kentang.

Pastikan kamu juga tidak memberikan bambu, biji-bijian, padi-padian, dan daging sebagai makanannya. Tak hanya itu, jangan pernah memberikan makanan manusia atau makanan olahan lainnya kepada kelinci, ya, Toppers!

14. Cara Merawat Kelinci Berikan Vaksin Sejak Dini

Cara Merawat Kelinci

Memberikan vaksin kepada kelinci di usia tertentu dapat mencegah terjadinya penyakit yang mungkin datang. Tidak hanya itu, vaksin juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh agar kelinci menjadi lebih sehat dan kuat.

Kelinci biasanya membutuhkan vaksin sebagai perlindungan dari penyakit myxomatosis, Rabbit (Viral) Haemorrhagic Di sease (R(V)HD), dan strain baru R(V)HD–R(V)HD 2. Beberapa penyakit tersebut dapat menjadi berbahaya hingga mematikan bagi kelinci.

Kamu bisa melakukan vaksin gabungan untuk myxomatosis dan R(V)HD untuk perlindungan tahunan bagi kelinci. Penyuntikkan vaksin dapat di lakukan saat kelinci berusia 5 minggu. Kamu juga bisa memilih vaksin terpisah untuk R(V)HD2 untuk kelinci sejak usia 10 minggu. Lakukan konsultasi dengan dokter hewan untuk memilih jenis vaksin terbaik bagi kelinci kesayangan.