No Widgets found in the Sidebar
Cara Merawat Ikan Koki

Cara Merawat Ikan Koki, Sobat pasti sudah asing lagi dengan ikan Koki. Memelihara ikan Koki merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain bentuknya yang cantik, ikan ini juga memiliki banyak penggemar.

Akan tetapi di balik itu semua ternyata ikan Koki sulit di pelihara apalagi buat para pemula yang baru terjun ke dunia perikanan. Hal itu di sebabkan karena ikan Koki tergolong ikan hias air tawar yang mudah sekali mati. Sehingga untuk merawatnya membutuhkan perawatan yang ekstra. Mulai dari ke bersihan akuarium, kualitas air, makanan ikan Koki dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana cara memelihara ikan Koki agar sehat dan tidak mudah mati? Kali ini saya akan bahas dalam 7 poin merawat ikan koki, yuk simak berikut!!

Cara Merawat Ikan Koki pertama 1. Menyediakan Tempat Seperti Kolam Atau Akuarium

Cara Merawat Ikan Koki pertama 1

Tips pertama dalam merawat ikan koki yang harus sobat lakukan saat merawat ikan Koki adalah menyiapkan tempat tinggal alias wadah. Pada dasarnya ikan Koki hidup di alam luas yang terbuka.

Sehingga sangat cocok bila ia di pelihara di kolam. Tapi jika sobat memilih merawat ikan Koki di dalam akuarium sebaiknya membuat akuarium yang mirip seperti habitat aslinya, tinggi dan luas.

Sebab apabila sobat membuat akuarium yang tidak seperti habitat aslinya pada merawat ikan koki yaitu sempit dan kecil, bisa-bisa resiko ke matian pada iakn koki akan semakin tinggi dan pertumbuhannya jadi lambat. Ukuran akuarium dari volume air yang ideal adalah 38-55 liter per ekor.

Setiap ingin menambah jumlah ikan, sebaiknya airnya di tambah 38 liter per satu ikan Koki. Jika tidak, akan mengakibatkan penumpukan kotoran ikan yang tidak seimbang dengan volume airnya. Sehingga air gampang keruh dan ikan mudah stres. Di sarankan untuk menyiapkan tutup akuarium agar ikan tidak lompat keluar dan bisa berguna jika ingin di tambahkan lampu. Tutup bisa berupa kayu atau triplek.

Baca Juga  Tips Merawat Kakatua Yang Benar

Cara Merawat Ikan Koki yang ke dua 2. Memberi Alas Akuarium Gravel Atau Krikil Khusus

Cara Merawat Ikan Koki yang ke dua 2

Lalu tips yang kedua adalah memberi alas akuarium gravel atau krikil khusus. Dengan sobat menambahkan alas akuarium berupa gravel maka akan menambah ke miripan dari habitat aslinya dalam merawat ikan koki.

Akan tetapi di usahakan gravelnya berukuran agak besar, jangan yang halus atau kecil supaya tidak tertelan ikan Koki.

Sebelum di masukkan ke dalam wadah sebaiknya gravel di rendam terlebih dulu selama 2 malam biar tidak terjadi kontaminasi bahan berbahaya serta tidak boleh di cuci dengan deterjen. Selain gravel beri juga alas berupa kerikil atau batu kecil. Karena kerikil tidak mempengaruhi tingkat ke asaman pada akuarium.

Cara Merawat Ikan Koki Ke 3. Menambah lampu Pada Akuarium

Menambah lampu Pada Akuarium

Berikutnya tips yang ketiga adalam soal menambah lampu akuarium. Cahaya lampu berfungsi sebagai penghantar panas dalam merawat ikan koki.

Umumnya lampu yang di pakai adalah lampu led atau pijar redup dan bukan pijar yang berwarna putih, sebab cahayanya terlalu panas. Pemakaiannya cukup 10 jam, sebagaimana siklus cahaya pada siang hari.

Memasang Aerator Dan Filter Pada Akuarium

Memasang Aerator Dan Filter Pada Akuarium

Selanjutnya tips yang ke empat yaitu memasang penyaring kotoran atau filter pada aquarium untuk merawat ikan koki. Alat ini memiliki peran penting dalam menjaga kualitas air tetap bersih. Jika kualitas air tetap bersih, maka ikan akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai parasit berbahaya seperti cacing pita dan lain-lainya.

Namun, sebaliknya bila tidak di pasang filter, maka kotoran akan menumpuk di air sehingga menjadi keruh ke mudian amonia di dalamnya meningkat drastis. Benar kan? Sobat setuju dengan hal ini?

Selain filter, Sobat juga bisa memasang alat aerator supaya dapat mengalirkan udara di air yang nantinya menjadi oksigen dalam merawat ikan koki. Sehingga ikan Koki merasa nyaman seperti tinggal pada habitat aslinya.

Memberi Tanaman Air

Memberi Tanaman Air

Tips yang kelima adalah memberi tanaman air. Tanaman air sangat cocok bagi pemelihara ikan Koki di kolam.

Menurut para ahli, tanaman air mampu memberikan manfaat yang bagus untuk perkembangan ikan Koki. Tapi sobat wajib memperhatikan kondisi tanaman airnya ini sangat berpenggaruh pada kesehatan ikan koki.

Apakah tanaman airnya berkembang dengan baik atau tidak. Jika tanaman airnya mati maka sebaiknya langsung di buang agar tidak termakan ikan dan meracuninya.

Menguras Air Akuarium

cara merawat ikan yang benar, Menguras Air

Nah sobat tips yang keenam ini tidak kalah penting yaitu menguras air akuarium. Meski akuarium sudah di lengkapi alat penyaring (filter), kamu tetap harus menguras airnya ya. Hal ini demi menjaga kualitas air.

Baca Juga  Cara Merawat Ikan Cupang Terbaru

Caranya mudah. Kuraslah air akuarium dengan gayung, sisakan 1/3 air di dalam akuarium. Jangan di kuras semuanya, karena bisa mengakibatkan si ikan Koki stres. Setelah itu, masukan air secara perlahan. Gunakan piring sebagai alat bantu agar air yang kita masukkan tidak merusak dekorasi akuarium. Letakkan piring di atas akuarium (sambil di pegang dengan tangan kiri).

Ambil air menggunakan gayung, lalu siramkan air di atas piring. Sehingga air tidak langsung masuk ke dalam akuarium. Dengan begitu akuarium kembali di penuhi air tanpa merusak dekorasinya.

Kuraslah paling tidak 2 kali dalam sebulan. Akan tetapi semua tergantung pada kondisi air, kalau sobat merasa sudah kotor melihat kolam atau akuarium langsung saja di kuras.

Makanan Ikan Koki

 cara merawat ikan meberikan Makanan

Tips yang terakhir tentang pemberian makanan ikan Koki. Makanan merupakan faktor utama ke sehatan dan pertumbuhan si ikan. Setiap jenis makanan memiliki kandungan gizi, protein dan nutrisi yang berbeda.

Tapi untuk ikan Koki sendiri sebenarnya hanya membutuhkan pakan yang mengandung protein tinggi serta gizi yang seimbang.

Agar ikan cepat besar, mungkin sobat perlu memberi pakan setiap hari dan memilih jenis makanan yang mengandung protein lebih tinggi.

Perhatikan!! Sebaiknya sobat memberi makan ikan Koki sedikit demi sedikit tapi habis ya. Daripada sobat memberi makan sekaligus banyak namun ikan Koki tersebut tidak memakan semuanya. Sehingga makanan tersisa dan mengakibatkan air akuariumnya mejadi kotor. Apalagi jika sobat memberi makan jenis pelet maka akan menggakibatkan kolam menjadi kotor akibat dari sisa pelat yang sobat berikan terlalu banyak pada ikan koki.

Nah jadi itulah 7 tips mudah merawat ikan Koki khusus pemula sobat semoga berhasil mencobanya nya sobat di rumah .

Tips Atasi Jamur Pada Ikan Mas Koki

Penyebab Jamur pada Ikan Mas:

Sebelum mengetahui cara mengatasi jamur pada ikan mas, kita harus tahu dulu apa yang menyebabkan munculnya jamur pada ikan mas, nih.

Jamur yang muncul di tubuh ikan mas ini sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa penyakit.

Seperti penyakit kapas, penyakit egg fungus, penyakit gill rot atau insang yang membusuk, hingga penyakit white spot.

Berbagai penyakit ini bisa menyebabkan jamur pada ikan, dengan bentuk jamur yang berbeda-beda.

Ada yang jamurnya berbentuk seperti gumpalan kapas, namun ada juga yang bentuk jamurnya seperti titik-titik putih.

Cara Mudah Hilangkan Jamur pada Ikan Mas

Untuk menghilangkan jamur pada ikan mas, maka ada beberapa cara yang bisa teman-teman lakukan, nih.

Baca Juga  Cara Memelihara Burung Dara Dan Cara Merawatnya Versi Ku

1. Pisahkan Ikan yang Sakit

Cara pertama adalah dengan memisahkan ikan yang terlihat sakit dengan ikan yang masih sehat.

Pemisahan antara ikan yang sakit dengan ikan yang sehat ini dilakukan untuk menghindari penularan penyakit.

Pisahkan ikan yang sakit dengan ikan yang sehat sampai ikan yang terinfeksi jamur benar-benar sembuh.

Selain itu, bersihkan juga kolam atau akuarium tempat teman-teman memelihara ikan, serta ganti airnya dengan air yang baru.

Kolam atau akuarium yang bersih menjadi pencegahan perkembangan jamur.

2. Berikan Makanan yang Tepat

Ikan mas.
Pemberian makanan yang tepat kepada ikan yang sakit juga menjadi hal penting dalam pengobatan jamur di tubuh ikan mas.

Makanan yang tepat dan berkualitas akan membantu ikan mas mengobati jamur yang ada di tubuhnya.

Makanan yang tepat juga membantu ikan menjadi lebih sehat dan bisa melawan infeksi jamur yang terjadi di tubuhnya.

3. Berikan Obat Antijamur

Pemberian obat antijamur juga menjadi cara yang harus dilakukan untuk hilangkan jamur pada tubuh ikan mas.

Biasanya, obat antijamur ini cukup dilarutkan pada air kolam atau air akuarium tempat kita memelihara ikan mas.

Obat antijamur ini dapat membantu ikan sembuh dari infeksi jamur, atau mencegah berkembangnya jamur.

4. Perhatikan Suhu Air

Memelihara ikan di akuarium
Selain sirkulasi air yang baik, suhu air pada kolam atau akuarium ternyata juga berpengaruh pada pengobatan infeksi jamur pada ikan mas.

Pastikan akuarium atau kolam memiliki air dengan suhu yang stabil dan suhu yang hangat.

Ternyata, suhu air kolam atau akuarium yang hangat bisa membantu ikan sembuh dari infeksi jamur, lo.

5. Jaga Air Kolam atau Akuarium Tetap Bersih

Cara terakhir untuk hilangkan jamur pada tubuh ikan mas adalah dengan selalu memerhatikan dan menjaga kebersihan air kolam atau akuarium.

Pastikan kolam atau akuarium selalu terjaga dari berbagai sampah atau barang-barang yang bisa menyebabkan ikan menjadi sakit.

Sebab kebersihan air kolam atau akuarium menjadi hal yang harus selalu diperhatikan agar ikan terhindar dari berbagai penyakit, termasuk infeksi jamur.

Seperti penyakit kapas, penyakit egg fungus, penyakit gill rot atau insang yang membusuk, hingga penyakit white spot.

Berbagai penyakit ini bisa menyebabkan jamur pada ikan, dengan bentuk jamur yang berbeda-beda.

Ada yang jamurnya berbentuk seperti gumpalan kapas, namun ada juga yang bentuk jamurnya seperti titik-titik putih.