No Widgets found in the Sidebar
Cara Merawat Ikan Cupang

Cara Merawat Ikan Cupang, Ikan cupang adalah ikan berukuran kecil yang memiliki kulit dan ekor berwarna-warni. Ke indahan ikan ini kerap menarik banyak orang untuk memeliharanya. Namun, cara merawat ikan cupang tidak boleh di lakukan sembarangan loh sobat agar mereka dapat hidup sehat dan tidak stres di dalam akuariumnya

Ikan Cupang, ikan laga, atau ikan adu siam (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Vietnam, dan Indonesia.

12 Cara Merawat Ikan Cupang Agar Sehat Dan Tidak Stres

Mulai dari menyiapkan akuarium 11 liter hingga menaruh lampu di atas akuarium, berikut adalah berbagai cara memelihara ikan cupang.

Cara Merawat Ikan Cupang Siapkan Akuarium Dengan Ukuran Yang Sesuai

Ikan cupang, yang juga di kenal sebagai ikan laga, membutuhkan tempat tinggal atau akuarium yang cukup besar. Atur rumah barunya ini setidaknya satu hari sebelum ikan cupang di bawa ke rumah.

Setidaknya, siapkan akuarium yang dapat menampung 3 galon atau 11 liter air di dalamnya.

Akuarium tempat ikan cupang perlu di letakkan di dekat sumber daya listrik, area yang jarang di lalui banyak orang, serta tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Baca Juga  Tips Membuat Rambut Halus Dan Sehat

Pengisian Air

Vara merawat ikan cupang selanjutnya adalah pengisian air akuarium. Kamu juga perlu memperhatikan suhu air di dalam akuarium ikan hias cupang. Di kutip dari situs Pet’s Smart, air yang di gunakan perlu memiliki suhu 23-27 derajat Celcius.

Selain itu, pastikan air yang di masukkan ke dalam akuarium tidak mengandung klorin agar ikan hias ini tetap sehat.

Cara Merawat Ikan Cupang Yaitu Pemasangan Mesin Penyaring Air

Salah satu cara merawat ikan cupang yang perlu di lakukan adalah memasangkan mesin penyaring air atau filter di dalam akuarium.

Nantinya, mesin penyaring ini akan membantu air agar tetap bersih sehingga ke sehatan dari ikan cupang peliharaan sobat di rumah tetap terjaga.

Filter yang di gunakan sebaiknya mampu memproses air sebanyak 3-5 kali dalam waktu sejam.

Pemilihan makanan

Cara merawat ikan cupang agar warnanya bagus adalah memilih makanan yang tepat.

Terdapat sejumlah makanan yang di percaya bisa membuat warna dari ikan cupang peliharaan sobat semakin indah, mulai dari daging ikan salmon dan haring, spirulina, hingga udang air asin.

Perlu di ingat, porsi makanan ikan cupang harus mencakup 5 persen dari besar tubuhnya dalam merawat ikan cupang .

Menaruh lampu di atas akuarium

Cara merawat ikan cupang yang selanjutnya adalah tidak boleh di lewatkan dalam menaruh lampu di atas akuariumnya.

Lampu ini dapat berfungsi sebagai \’matahari buatan\’ yang dapat membuat ikan cupang di dalam akuarium mengetahui siklus siang dan malam.

Namun, sebaiknya kamu tidak menaruh akuarium cupang di tempat yang langsung terkena sinar matahari karena dapat memicu pertumbuhan ganggang.

Jangan menaruh ikan lain di dalam akuarium ikan cupang

Cara merawat ikan cupang yang perlu di ketahui adalah jangan menaruhnya bersama dengan ikan lain di dalam akuarium.

Baca Juga  Viral di Medsos Kacab BCA Jemput Kucing

Pasalnya, sirip ikan cupang yang panjang dapat mengundang ikan predator lain untuk memangsanya, meskipun mereka berukuran kecil.

Ini menjadi salah satu alasan mengapa ikan cupang sebaiknya di taruh di akuarium tanpa ikan lain .

Pasang pemanas air akuarium

Ikan cupang adalah ikan tropis yang membutuhkan air hangat di dalam akuariumnya.

Oleh karena itu, cara merawat ikan cupang bagi pemula yang perlu kamu lakukan adalah memasang pemanas air atau water heater di dalam akuarium.

Cobalah datang ke toko ikan di dekat rumah dan mintalah water heater yang paling cocok untuk ikan cupang.

Menaruh tanaman air di dalam akuarium

Menaruh tanaman air di dalam akuarium juga menjadi tips cara merawat ikan cupang yang patut dicoba.

Keberadaan tanaman air dapat menjadi tempat istirahat dan membuat ikan cupang merasa aman.

Berbagai jenis tanaman air yang bisa hidup di cuaca tropis bisa menjadi pilihannya.

Kalau bisa sobat cobalah beli tanaman air yang bisa mengambang dan memiliki akar serta batang panjang. Sebab, ikan cupang sangat menyukai jenis tanaman yang seperti ini.

Mendekorasi akuarium

Tidak hanya manusia, cara merawat ikan cupang juga menyukai dekorasi yang ada di dalam akuarium.

Meski begitu, setiap dekorasi yang kamu pilih perlu memiliki tekstur yang lembut agar tidak melukai sirip ikan karnivora ini.

Batang-batang pohon atau daun yang dapat menjadi dekorasi bagi ikan cupang untuk beristirahat dan mengambang.

Cara mengurus ikan cupang ini diharapkan dapat membuat mereka tidak stres di dalam akuarium.

Ciri-ciri ikan cupang sehat:

Terdapat ciri-ciri cara merawat ikan cupang sehat yang dapat sobat perhatikan, di antaranya:

-Aktif berenang di dalam akuarium
-Warna kulitnya terang dan tidak kusam
-Pergerakkan siripnya baik saat berenang
-Nafsu makannya baik.
Jika ikan cupang peliharaanmu menunjukkan gejala-gejala sakit atau tidak aktif di dalam akuarium, segera bawa ke dokter hewan untuk diperiksa lebih lanjut.

Baca Juga  Manfaat Mencuci Muka Dan Sensasi

Memilih Wadah

Tidak begitu sulit untuk mendapatkan wadah bagi ikan cupang. Sebab, ikan cupang bahkan bisa hidup di wadah toples. Meskipun begitu, di sarankan bagi sobat untuk menggunakan wadah berdiameter 20x15x15 cm, atau sekitar 3 liter, supaya cara merawat ikan cupang sobat dapat bergerak secara leluasa. Namun memang, wadah yang terlalu besar pun akan lebih sulit untuk di bersihkan di banding wadah yang lebih kecil.

Perhatikan Jenis dan Volume Air

Hanya wadahnya Toppers pun harus memperhatikan air di mana ikan cupang sobat akan hidup. Ikan cupang merupakan jenis ikan air tawar. Sangat di rekomendasikan untuk sobat menggunakan air dari PAM atau sumur yang sudah di endapkan selama sekitar satu hari.

Mengenai volume air, ada berbagai macam pendapat. Ada yang berkata bahwa ikan cupang dapat tinggal di kolam kecil, namun ada beberapa yang berkata bahwa ikan cupang semestinya tinggal di kolam yang besar. Sebab, ikan cupang di alam liar hidup di perairan dangkal yang volume airnya banyak.

Selain itu, ukuran tangki yang besar dan volume air yang banyak dapat memudahkan untuk mempertahankan suhu air dan juga siklus nitrogen. Di lansir bahwa volume air pada kolam ikan cupang setidaknya 2,5 galon, dan sampai dengan 5 galon.

Menjaga Kebersihan Air

Selain jenis air dan volumenya, ke bersihan dari air pun harus di perhatikan dalam cara merawat ikan . Ganti air kolamnya 2-3 kali sehari, ya. Jangan lupa juga untuk lagi-lagi, endapkan dahulu air yang akan di gunakan setidaknya selama semalam. Hal ini di lakukan untuk membuat zat kimia yang ada pada air mengendap, sehingga tidak membahayakan ikan.