Cara Menjadi Seller JD.ID

Cara Menjadi Seller JD.ID, Cara menjadi seller JD.ID ternyata sangatlah mudah. Kamu hanya memerlukan handphone serta beberapa langkah untuk mengaksesnya.
Hal ini sangat menarik untuk kamu yang sedang ingin melebarkan sayapnya dengan merambah pada penjualan online supaya tersebar luas. Lalu bagaimanakah caranya?

Membuat Akun Terlebih Dahulu

Langkah pertama dalam memulai menjadi seller pada suatu E commerce yakni dengan membuat akun terlebih dahulu. Mengapa demikian. Hal itu di sebabkan karena segala bentuk aktivitas dan pembayaran akan di lakukan pada aplikasi tersebut, Begini cara membuat akun seller JD.ID:

  1. Pertama kamu bisa kunjungi website JD. ID apabila kamu mengakses dengan menggunakan laptop. Jika menggunakan smartphone maka kamu harus mendownload aplikasi tersebut di Playstore maupun Appstore.
  2. Setelah itu buka aplikasi tersebut dan pilih menu paling pojok sebelah kanan atas bertuliskan “daftar sebagai seller”.
  3. Selanjutnya kamu bisa memilih menu “daftar sebagai penjual lokal”, apabila kamu ingin berjualan di seluruh wilayah Indonesia. Namun kalau kamu ingin berjualan di seluruh dunia, maka gunakan tombol menu “register as crossborder seller”.
  4. Setelah itu kamu di haruskan untuk mengisi beberapa formulir. Pastikan semua data kamu tulis dan lampirkan. Berikut cara mengakses form pendaftaran jika ingin menjadi seller. Lakukan pendaftaran di seller.jd.id/register.do.
  5. Dalam formulir tersebut isilah data dengan benar dan tepat, data tersebut seperti nama, email, nomor telepon aktif, nama toko di JD.ID, kategori toko, nomor KTP, scan KTP, NPWP, dan scan NPWP jenis toko (perorangan atau perusahaan).
  6. Jika sudah terisi, maka kamu bisa klik menu ‘Daftar’ dan lakukan verifikasi melalui email maupun pesan singkat. Akun seller siap di gunakan
Baca Juga  Obat Kolesterol Yang Efektif Menurut Apotik

Cara Berjualan di E-Commerce JD.ID

Cara Menjadi Seller JD.ID

Setelah kamu telah berhasil mendaftarkan akun seller JD.ID, kemudian langkah berikut nya kembali mengisi beberapa data. Data yang di maksud berupa informasi mengenai toko online, cara pengiriman, deskripsi produk, upload produk dll. Begini langkah yang perlu kamu ikuti:

1. Cara Menjadi Seller JD.ID Memilih Produk yang Dijual

Pemilihan produk merupakan salah satu yang paling krusial yang harus kamu persiapkan. Hak itu berguna untuk menentukan target dan spesifikasi pasar. Contoh jika ingin menjual aksesoris mobil maka target pasarnya anak muda dan club mobil.

2. Cara Menjadi Seller JD.ID Cek Ketersediaan Produk

Selanjutnya kamu harus memastikan ketersediaan produk nantinya akan selalu ready. Hal itu sangat positif dan menandakan bahwa kamu memperhatikan kebutuhan konsumen. Jika terdapat barang terlaris maka prioritaskan ketersediaan barang tersebut.

3. Cara Menjadi Seller JD.ID Menjaga Kualitas Produk

Ini merupakan hal yang selalu di jaga bagi kamu yang ingin memulai usaha yakni kualitas produk. Pasalnya jika konsumen kecewa karena barang rusak maka akan sangat berpengaruh pada reputasi toko online kamu. Maka dari itu jagalah selalu kualitas produk kamu karena kepuasan pelanggan adalah prioritas.

4. Menjual Produk Orisinil

Seperti pada taglinenya “Di jamin Ori” maka sudah pasti kamu sebagai seller harus mengutamakan keaslian produk. Maka dari itu segala sesuatu barang akan di cek oleh tim JD.ID baru segera di jual.

5. Tambahkan Deskripsi Produk

Satu hal yang menentukan larisnya dagangan kamu yakni mengenai deskripsi produknya. Apabila deskripsi yang di tampilkan menarik, singkat, padat dan jelas, maka konsumen akan tertarik untuk membelinya. Pastikan juga deskripsi produk sesuai dengan foto produknya.

Baca Juga  crypto Waspada! Industri Crypto Di Tepi

Keunggulan Menjadi Seller JD.ID

Cara Menjadi Seller JD.ID

Banyaknya persaingan e-commerce di Indonesia terkadang membuat konsumen dan seller menjadi bingung. Pasalnya yang perlu kamu tahu bahwa setiap E-Commerce memiliki target pasar, keunikan dan keunggulan tersendiri. Seperti JD.ID ini memiliki beberapa keunggulan:

  1. Perlindungan Konsumen
    Tim JD.ID akan memproses secara cepat terkait retur uang secara penuh,apabila produk yang di beli konsumen tidak sesuai deskripsi.
  2. Jaminan Pengiriman Barang
    Para tim JD.ID akan bertanggung jawab penuh untuk mengembalikan uang konsumen, apabila barang tidak terkirim
  3. Respon yang Cepat
    Konsumen akan mendapat kemudahaan dalam sisi tanya jawab. Sebab pertanyaan konsumen akan di tanggapi dalam 24 jam.
  4. Jaminan Keaslian Produk
    Seperti pada taglinenya “DI Jamin ORI” itu dapat menandakan bahwa e Commerce JD.ID menjamin keaslian produknya yang 100% orisinil.

Tutorial Mendaftar Sebagai Seller di JD.ID

Sebagai informasi, JD.ID memiliki dua pilihan bila Anda ingin mendaftar sebagai penjual. Pertama yakni Penjual Lokal, di mana Anda bisa berjualan dengan cakupan pelanggan seluruh Indonesia. Opsi kedua adalah Penjual Cross Border di mana Anda bisa berjualan dengan cakupan pelanggan seluruh dunia.

Anda perlu menentukan tipe penjual mana yang ingin Anda pilih. Cara untuk mendaftar sebagai Penjual Lokal atau Penjual Cross Border sedikit berbeda, namun keduanya sama-sama mudah.

Langkah-langkah Menjadi Penjual Lokal

  • Langkah pertama, buka laman JD.ID. Selanjutnya, klik Seller dan pilih Daftar Sebagai Seller
  • Langkah selanjutnya, klik Daftar Sebagai Penjual Lokal
  • Akan muncul tab baru untuk melakukan regsitrasi. Lengkapi nomor telepon dan alamat email Anda kemudian klik Next.
  • Anda bisa memilih untuk melakukan verifikasi melalui SMS ataupun email. Isikan kode verifikasi dan buat password untuk akun Anda. Klik Register
  • Lengkapi alamat email, nama toko, dan kode referral bila ada. Selanjutnya, klik Daftar.
  • Baca dan teliti dengan seksama Perjanjian Pendaftaran Penjual. Bila sudah, gulir layar ke bawah kan centang kolom \”Saya sudah membaca\”, kemudian klik Konfirmasi. Anda juga dapat mengunduh perjanjian tersebut.
  • Selesai! Akun Anda telah terdaftar sebagai Penjual Lokal JD.ID.
Baca Juga  Mantan Kepala Gaming TikTok

Langkah-langkah Menjadi Penjual Cross Border

  • Langkah pertama, buka laman JD.ID. Selanjutnya, klik Seller dan pilih Daftar Sebagai Seller.
  • Langkah selanjutnya, klik Daftar Sebagai Penjual Cross Border
  • Lakukan registrasi melalui alamat email ataupun nomor telepon. Klik Kirim kode untuk mendapatkan kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi dan buat password. Lalu, klik Daftar.
  • Selanjutnya, Anda akan di minta untuk membaca peraturan-peraturan penting dari JD.ID. Pastikan Anda memahami setiap poinnya dengan jelas. Kemudian, klik Submit.
  • Masukkan informasi mengenai toko dan perusahaan, serta lengkapi dokumen yang di minta.
  • Selanjutnya adalah tahap audit. Pada tahap ini, informasi yang Anda berikan akan di konfirmasi oleh Operator JD.ID.
  • Bila pendaftaran berhasil, Anda dapat login ke back-end seller JD.ID. Operator akan membantu untuk mengatur toko Anda.

Bagaimana, cukup mudah bukan mendaftarkan diri sebagai penjual di salah satu marketplace besar ini? Semoga langkah-langkah di atas mudah di pahami dan bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *