June 21, 2024

SEPUTAR INFORMASI TUTORIAL

Tutorial online terbaik dan terpopuler

Cara Mengubah Font WhatsApp Bikin Variasi Tulisan Keren

4 min read
Cara Mengubah Font WhatsApp
Cara Mengubah Font WhatsApp

Cara Mengubah Font WhatsApp, Hello, sobat mimin apa kabar bertemu kemballi lagi nih di artikel yang kita cintai ini dfan pada pembahasn kali ini mimin akan membahas cara mengubah font whatsapp dan Cara mengubah font WhatsApp ternyata dapat memberikan pengguna banyak manfaat, seperti menonjolkan pesan penting, meningkatkan keterbacaan pesan, hingga meningkatkan gaya dan estetika pesan. WhatsApp sendiri adalah salah satu aplikasi chatting paling populer di dunia. Salah satu fitur menarik WhatsApp adalah kemampuannya untuk mengubah tampilan huruf. Pengguna pun memiliki pilihan gaya huruf yang dapat mereka gunakan. Mau meningkatkan pengalaman chatting di WA melalui tampilan huruf yang bervariasi? Untuk mengubah jenis huruf atau font di aplikasi WhatsApp, Anda dapat menggunakan aplikasi pengubah font atau secara manual mengubah font di pengaturan perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkah mengubah font WhatsApp secara manual pada pengaturan Android:

  • Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda.
  • Gulir ke bawah hingga menemukan “Tampilan” atau “Tampilan & Suara” dan pilihnya.
  • Pilih menu “Gaya Font” atau “Jenis Huruf” (nama menu bisa berbeda tergantung perangkat Anda).
  • Anda dapat memilih salah satu jenis huruf yang tersedia di daftar atau dengan menambahkan font unduhan Anda sendiri.
  • Setelah memilih jenis huruf, pastikan untuk menyimpan perubahan Anda.

Setelah berhasil mengubah jenis huruf dari perangkat Anda, font di WhatsApp juga akan berubah sesuai dengan pilihan Anda. Namun, sebaiknya jangan bercanda dengan font ketika berbicara tentang hal-hal penting.Simak cara mengubah font WhatsApp termudah 2023 berikut ini.

1. Mengubah Font WA Teks Tebal (Bold)

Pertama, kamu bisa mengganti tulisan WA menjadi huruf tebal atau Bold yang identik dengan sesuatu bagian yang tegas dan penting. Jika memang ada bagian dalam percakapan yang perlu jadi sesuatu yang penting, kamu bisa menandainya dengan menggunakan teks tebal. Untuk melakukannya, kamu cukup menambahkan tanda bintang atau asterik (*) di depan dan di belakang tulisan yang hendak kamu pertebal, ya!

2. Mengubah Font WA Teks Coret (Strikethrough)

Kalau kamu mau bergaya seperti seorang dosen yang sedang merevisi skripsi mahasiswa, kamu juga bisa menambahkan tulisan teks coret atau Strikethrough pada chat WhatsApp yang kamu kirimkan. Untuk membuat tulisan coret di WA, kamu tinggal tambahkan saja tanda tilde (~) di bagian depan dan belakang teks pada chat WhatsApp yang akan kamu kirim. Otomatis, sebelum kamu kirim pesan dan tekan tombol Send bakal muncul preview kalau tulisan telah diubah ke gaya coret.

3. Mengubah Font WA Teks Miring (Italic)

Untuk cara mengubah font di WA selanjutnya, kamu bisa membuat tulisan di WhatsApp jadi cetak miring atau Italic. Biasanya gaya tulisan ini dipakai untuk menunjukkan istilah bahasa asing. Sama seperti sebelumya, untuk mengubah huruf miring di WhatsApp kamu cukup menambahkan tanda garis bawah atau underscore (_) di depan dan belakang tulisan.

4. Mengubah Font WA dengan FixedSys

Bosan dan mau chatting di WhatsApp pakai jenis font yang berbeda? Nah, tanpa aplikasi tambahan pun kamu bisa melakukannya dengan menggunakan gaya tulisan FixedSys. FixedSys sendiri merupakan gaya tulisan yang bakal kamu temui saat menggunakan aplikasi Notepad. Font ini juga bisa kamu temui pada OS Windows jadul.

Untuk mengubah font WA menjadi FixedSys, kamu cukup menambahkan tanda petik miring (`) tiga kali di bagian depan dan belakang tulisan yang akan kamu kirim. Kalaupun kamu nggak menemukan tanda petik miring pada keyboard bawaan, kamu juga bisa menggunakan aplikasi keyboard pihak ketiga seperti SwiftKey dan lainnya.

5. Mengubah Font WA Teks Terbalik

Mau ngerjain teman kamu di WA dengan bikin tulisan yang sulit terbaca? Nah, kamu bisa mengubah font WA dengan teks terbalik yang bakal Mimin ulas pada poin ini. Untuk mengganti tulisan terbalik ini, kamu memerlukan sebuah aplikasi tambahan bernama Upside Down (Flip Text) yang langkahnya bisa kamu lakukan sebagai berikut.

  • Download aplikasi Upside Down (Flip Text) terbaru pada tautan berikut untuk pengguna HP Android.
  • Ketikkan tulisan pada kolom bagian atas.
  • Untuk membalik teks, kamu cukup ketuk Flip hingga muncul hasilnya pada kolom bagian bawah.
  • Salin dan tempet tulisan pada kolom di bagian bawah dengan ketuk Copy dan kirim pada chat WhatsApp.

6. Mengubah Font WA Teks Keren dan Unik

Selain font default dan FixedSys untuk WhatsApp yang sudah Mimin ulas di atas, kamu juga bisa menambahkan tulisan unik WA lainnya dengan aplikasi tambahan. Di sini Mimin menggunakan aplikasi bernama Fancy Text (For Chat) yang berisi kumpulan tulisan unik WA yang bisa kamu pakai sepuasnya. Bagaimanakah caranya?

  • Download aplikasi Fancy Text (For Chat) terbaru yang bisa kamu gunakan untuk HP Android.
  • Isi tulisan pada kolom Enter Text Here dan otomatis bakal muncul berbagai pilihan font unik WA yang bisa digunakan.
  • Pilih salah satu dan salin ke chat WhatsApp untuk mengirimkannya ke teman atau grup WhatsApp.

7. Mengubah Font WA untuk Seluruh Tampilan

Apakah kamu mau mengubah seluruh tampilan WhatsApp dengan font unik, namun nggak mau terlihat di WA orang lain? Nah, kamu bisa juga mengganti keseluruhan font WA berbekal aplikasi font Android terbaik yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

Untuk mengubah font Android pun, kamu bisa secara langsung alias tanpa memerlukan akses root seperti yang bisa dilakukan pada HP Samsung. Namun pada beberapa tipe smartphone, kamu juga membutuhkan akses root. Buat kamu yang penasaran, Miminjuga sudah pernah mengulas cara mengganti font di HP Android di sini, nih!

Akhir Kata

Cara mengubah font WhatsApp sangat mudah untuk dilakukan untuk memberikan variasi saat berinteraksi dengan pengguna lain. Mengubah tampilan huruf WhatsApp bisa dilakukan di semua jenis ponsel yang mendukung aplikasi WhatsApp. Pengguna dapat mengubah tampilan huruf WhatsApp melalui opsi bawaan WhatsApp yang sudah tersedia pada aplikasi. Cara melalui opsi bawaan ini tentu lebih aman dibanding menggunakan aplikasi pihak ketiga atau WhatsApp modifikasi.