July 20, 2024

SEPUTAR INFORMASI TUTORIAL

Tutorial online terbaik dan terpopuler

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp Dengan Muda

5 min read
Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp
Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp – Mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang atau terhapus dapat menjadi langkah penting dalam memulihkan komunikasi dan menjaga koneksi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Nah pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan beberapa Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang dapat kamu coba berikut ini :

1. Cara Mengembalikan Kontak WA dengan Menghapus Cache

Mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang atau terhapus dapat dilakukan dengan beberapa langkah yang sederhana. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan menghapus cache WhatsApp. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan kontak WhatsApp menggunakan metode ini:

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Anda.
  2. Cari dan pilih Aplikasi atau Aplikasi & Notifikasi (nama dapat bervariasi tergantung pada merek ponsel Anda).
  3. Temukan dan pilih WhatsApp dari daftar aplikasi yang terinstal.
  4. Di halaman Info Aplikasi WhatsApp, pilih “Penyimpanan” atau “Penyimpanan & Cache” (nama dapat bervariasi).
  5. Di bagian ini, Anda akan melihat opsi “Hapus Cache” atau “Bersihkan Cache”. Pilih opsi tersebut untuk menghapus cache WhatsApp.
  6. Setelah cache di hapus, tutup Pengaturan dan buka kembali aplikasi WhatsApp.
  7. Setelah membuka WhatsApp, biarkan aplikasi memuat ulang dan sinkronisasi dengan akun Anda.
  8. Periksa daftar kontak WhatsApp Anda dan lihat apakah kontak yang hilang sudah pulih.

Menghapus cache WhatsApp dapat membantu memperbaiki masalah sinkronisasi dan memulihkan kontak yang hilang.

2. Cara Mengembalikan Kontak WA dengan Ubah Permission

Mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang atau terhapus dapat di lakukan dengan mengubah izin atau permission pada aplikasi WhatsApp. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan kontak WhatsApp menggunakan metode ini:

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Anda.
  2. Cari dan pilih Aplikasi atau Aplikasi & Notifikasi (nama dapat bervariasi tergantung pada merek ponsel Anda).
  3. Temukan dan pilih WhatsApp dari daftar aplikasi yang terinstal.
  4. Di halaman Info Aplikasi WhatsApp, pilih opsi “Izin” atau “Permission” (nama dapat bervariasi).
  5. Di bagian ini, Anda akan melihat daftar izin yang di minta oleh WhatsApp. Pastikan izin “Kontak” atau “Contacts” di aktifkan atau di berikan akses.
  6. Jika izin “Kontak” tidak aktif, aktifkan dengan menggeser tombol ke posisi “ON” atau centang kotak yang sesuai.
  7. Setelah mengubah izin, tutup Pengaturan dan buka kembali aplikasi WhatsApp.
  8. Biarkan WhatsApp memuat ulang dan sinkronisasi dengan akun Anda.
  9. Periksa daftar kontak WhatsApp Anda dan lihat apakah kontak yang hilang sudah pulih.

Dengan mengubah izin atau permission pada WhatsApp, Anda memberikan akses kepada aplikasi untuk mengakses dan menampilkan kontak yang ada di ponsel Anda. Jika izin “Kontak” tidak di aktifkan, WhatsApp mungkin tidak dapat menampilkan kontak dengan benar atau bahkan tidak menampilkan kontak sama sekali.

3. Cara Mengembalikan Kontak WA dengan Sinkronisasi Gmail

Mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang atau terhapus dapat di lakukan dengan melakukan sinkronisasi dengan akun Gmail yang terhubung dengan ponsel Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan kontak WhatsApp menggunakan metode ini:

  1. Pastikan akun Gmail Anda terhubung dengan ponsel Anda. Buka Pengaturan pada ponsel dan temukan opsi Akun atau Akun & Sinkronisasi (nama dapat bervariasi tergantung pada merek ponsel Anda). Pastikan akun Gmail Anda terdaftar dan di aktifkan.
  2. Buka WhatsApp di ponsel Anda.
  3. Masuk ke menu Pengaturan WhatsApp. Biasanya, Anda dapat menemukan opsi ini dengan mengeklik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar.
  4. Di menu Pengaturan, pilih Opsi Chat atau Pengaturan Chat.
  5. Di dalam opsi Chat, cari dan pilih opsi “Cadangkan Chat” atau “Cadangkan dan Pulihkan”.
  6. Anda akan melihat opsi untuk membuat cadangan chat WhatsApp Anda. Pastikan opsi ini di aktifkan atau aktifkan jika belum.
  7. Setelah itu, pilih opsi “Cadangkan ke Google Drive” atau “Google Drive Backup”. Pastikan akun Gmail Anda terhubung dan pilih frekuensi cadangan yang di inginkan, seperti Harian, Mingguan, atau Bulanan.
  8. Tunggu proses cadangan selesai. Proses ini mungkin membutuhkan waktu tergantung pada ukuran data WhatsApp Anda.

4. Cara Mengembalikan Kontak WA dengan Aplikasi

Mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang atau terhapus dapat di lakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di toko aplikasi. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah “Sync.ME – Caller ID & Block”. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan kontak WhatsApp menggunakan aplikasi ini:

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp

  1. Buka toko aplikasi di perangkat Anda (misalnya Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS).
  2. Cari aplikasi “Sync.ME – Caller ID & Block” dan instal di perangkat Anda.
  3. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi tersebut.
  4. Setelah membuka aplikasi, Anda akan di minta untuk mengizinkan akses ke kontak pada perangkat Anda. Pastikan untuk memberikan izin akses yang di perlukan.
  5. Setelah izin di izinkan, aplikasi akan mulai melakukan pemindaian dan sinkronisasi kontak Anda.
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses sinkronisasi selesai. Aplikasi akan mencari dan mencocokkan kontak Anda dengan database mereka.
  7. Setelah proses sinkronisasi selesai, aplikasi akan menampilkan daftar kontak yang telah dipulihkan.
  8. Cari dan temukan kontak WhatsApp yang hilang atau terhapus dalam daftar yang ditampilkan.
  9. Setelah menemukan kontak yang di inginkan, buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.
  10. Pada layar utama WhatsApp, ketuk ikon “Pesan Baru” atau ikon “Obrolan” untuk membuka daftar kontak.
  11. Pada daftar kontak WhatsApp, ketuk ikon “Refresh” atau “Sinkronisasi” yang biasanya berupa ikon panah melingkar di bagian atas atau bawah layar. Ini akan memperbarui daftar kontak WhatsApp Anda dengan kontak yang telah di pulihkan.
  12. Setelah proses sinkronisasi selesai, kontak WhatsApp yang hilang atau terhapus akan muncul kembali dalam daftar kontak Anda.

Dengan menggunakan aplikasi seperti “Sync.ME – Caller ID & Block”, Anda dapat dengan mudah mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang atau terhapus. Namun, perlu di ingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga selalu melibatkan risiko keamanan dan privasi. Pastikan untuk memilih aplikasi yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya. Selain itu, selalu perbarui aplikasi WhatsApp Anda ke versi terbaru dan tetap melakukan cadangan secara teratur untuk menghindari kehilangan kontak yang penting.

Akhir kata

Nah itudia 4 Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang dapat mimin bagikan ke pada sobat mimin di rumah dan dari cara di atas mana nih sob cara yang akan kamu gunakan terlebih dahulu ? Jika kamu mencari informasi seputar tutorial kamu bisa kok cek artikel mimin lainnya hannya di sininya sob. Nah sampai di sini dulunya sobat mimin pembahasan kita kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. Selamat mencoba 🙂