No Widgets found in the Sidebar
Cara Memelihara Burung Dara

Cara Memelihara Burung Dara, Burung dara merupakan hewan yang sangat ramah dan telah di jadikan hewan peliharaan sejak lama. Beberapa burung dara bahkan ada yang di latih untuk melakukan beberapa tugas seperti menyampaikan pesan. Burung dara merupakan hewan yang suka hidup dalam kelompok. Sehingga jika anda ingin memelihara satu burung dara saja, anda harus memiliki komitmen yang tinggi untuk memberikan perhatian kepadanya.

Berikut ini kami akan memberikan 8 cara memelihara burung dara baik bagi sobat yang pemula maupun sobat yang sudah berpengalaman.

Pengenalan Tentang Jenis-Jenis Burung Dara

Merpati dan dara termasuk dalam famili Columbidae atau burung berparuh merpati dari ordo Columbiformes, yang mencakup sekitar 300 spesies burung kerabat pekicau. Dalam percakapan umum, istilah “dara” dan “merpati” dapat saling menggantikan. Dalam praktik ornitologi, terdapat suatu kecenderungan “dara” digunakan untuk spesies yang lebih kecil dan “merpati” untuk yang besar, tetapi hal ini tidak secara konsisten diterapkan, dan secara historis nama umum untuk burung-burung tersebut memiliki banyak variasi antara istilah “dara” dan “merpati.” Famili ini terdapat di seluruh dunia, tetapi varietas terbesar terdapat di Indomalaya dan Ekozona Australasia. Dara dan merpati muda disebut “squabs.”

Merpati dan dara adalah burung berbadan gempal dengan leher pendek dan paruh ramping pendek dengan cere berair. Spesies yang umumnya dikenal sebagai “merpati” adalah Merpati karang liar, umum digunakan di banyak kota.

Baca Juga  Selamat Ulang Bapak Jokowi Yang ke-61 Tahun!

Dara dan merpati membangun sangkarnya dari ranting dan sisa-sisa lainnya, yang ditempatkan di pepohonan, birai, atau tanah, tergantung spesiesnya. Mereka mengerami satu atau dua telur, dan kedua induknya sangat memedulikan anaknya, yang akan meninggalkan sangkarnya setelah 7 hingga 28 hari. Dara makan biji, buah dan tanaman. Tidak seperti kebanyakan burung lainnya.

Memilih Jenis Burung Dara Yang Tepat

Ketika sobat ingin memelihara burung dara pertama kali, kita harus menentukan tujuan dari kita memelihara burung dara. Jika sobat ingin memelihara burung dara untuk tujuan di lombakan, Maka sobat harus membeli burung dara dengan mempertimbangkan performa dari burung tersebut. Dapat di katakan sobat harus melihat spesifikasi burung dara tersebut, berdasarkan ke butuhan atau tujuan sobat memelihara burung dara. Lebih baik jika sobat dapat membeli burung dara dengan kualitas terbaik, meskipun burung dara berkualitas baik memiliki harga yang cukup tinggi. Perlu di ingat juga bahwa sobat harus membeli burung dara sepasang, karena mereka hidup berpasangan. Jika tidak sobat bisa membeli burung dara khusus yang berasal dari ke turunan tertentu.

Membangun Rumah Bagi Burung Dara

Saat anda ingin memelihara burung dara, pastikan bahwa anda telah menyiapkan rumah yang tepat bagi mereka. Anda dapat memesan kandang burung dara atau juga membangunnya sendiri. Untuk sepasang burung dara anda memerlukan tempat dengan luas sekitar 2,5 – 3 meter persegi. Sehingga anda bisa memperkirakan luas dari kandang yang akan anda bangun sesuai dengan jumlah burung memelihara burung dara yang akan anda pelihara.

Memperhatikan Keadaan Kandang

Beberapa hal yang harus di perhatikan dalam memelihara burung dara adalah kandang yang
bangun haruslah dapat melindungi burung dara dari predator seperti kucing liar, memiliki ventilasi yang baik, memiliki ruang yang cukup, serta memiliki ruang yang cukup untuk tempat makan dan minum. Kandang burung dara harus di letakkan di ketinggian yang bebas dari pengganggu seperti kabel, pohon, tiang lampu dan lainnya agar tidak mengganggu burung dara anda yang terbang saat anda melatihnya.

Baca Juga  Ternak Sapi Yang Baik Supaya Cepat Gemuk

Mengenalkan Burung Dara Terhadap Rumah Baru

Jika anda masih baru memelihara burung dara, anda dapat memasukkannya langsung ke dalam kandang tanpa masalah. Tetapi jika anda ingin menambahkan burung dara baru ke kawanan yang sudah ada, anda harus memisahkan burung dara yang baru tersebut selama beberapa minggu hingga akhirnya anda dapat memasukkannya ke dalam kandang bersama kawanan/temannya yang lain.

Memberi Makan dan Minum Yang Berkualitas

Dalam memelihara burung dara memerlukan air bersih setiap harinya. Cara memberi makan burung dara adalah ketika anda telah memberi makan, makanan tersebut sudah harus di makan dalam waktu 15-20 menit. Setelah 15-20 menit, anda harus membersihkan semua sisa makanan yang ada. Selain itu anda perlu memberikan jagung giling kasar untuk membantu pencernaan dari burung dara dan sebagai tambahan vitamin dan mineral. Teknik pemberian makan yang telah di jelaskan tadi dapat anda lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari.

Pemilihan Makanan Bagi Burung Dara

Makanan burung dara dapat di sesuaikan dengan keadaan dari burung tersebut. Saat membeli makanan burung, anda harus memperhatikan kandungan gizi yang tertera di label makanan. Jika burung dara sedang dalam masa berkembang biak maka dia memerlukan protein yang lebih. Protein yang harus di berikan pada kondisi burung dara yang demikian adalah sekitar 16-18% protein mentah campuran. Jika burung dara tersebut akan mengikuti perlombaan maka dia harus di beri energy tambahan dari lemak dan karbohidrat. Untuk burung dara dengan kondisi ini anda dapat memberinya makan 14-15% protein mentah campuran. Selain itu jika burung dara anda mengalami kerontokan bulu anda dapat memberinya 16% protein mentah campuran.

Melakukan Program Pelatihan Burung Dara

Anda dapat melakukan program pelatihan burung dara ketika mereka berusia 6 minggu. Pada usia itu anda dapat membantu burung dara anda mengenali pintu yang berada kandangnya. Pintu tersebut di desain untuk membiarkan burung anda masuk ke dalam kandang kapanpun dia mau, tetapi burung tersebut hanya bisa keluar saat anda membiarkannya. Pintu ini mungkin akan sedikit membingungkan bagi burung anda, untuk itu anda perlu membantu mereka untuk merasa familiar masuk dan keluar kandang melalui pintu itu.

Baca Juga  12 Cara Menghentikan Pendarahan

Melatih Burung Dara Kembali Ke Kandang

Pada saat berusia antara 6 dan 8 minggu anda dapat mulai melatih burung dara untuk keluar kandang dan kembali lagi ke kandangnya. Pertama-tama anda dapat membawa burung dara sejauh 1,5 kilometer dari kandang dan lepas dia untuk kembali ke kandang. Lakukan hal ini selama beberapa kali dalam seminggu. Setelah itu anda dapat mulai memperlebar jarak hingga 8 kilometer. Tetapi perlu di perhatikan bahwa jangan terlalu cepat memperlebar jarak karena burung dara belum tentu telah terbiasa dengan latihan ini. Anda dapat memperlebar jarak setiap minggu dan pergilah ke beberapa arah yang berbeda.

Nah sobat.. apakah kalian berminat untuk memelihara jenis burung di artikel atas, jika kalian berminat silah di kenalin dulu untuk jenis-jenis burung nya, cara merawat serta apa saja yang yang harus di sediakan, sampai disini saja artikel penjelasan tentang buru dara dari kami, semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu kalian ya guys.. terima kasih 🙂