May 30, 2024

SEPUTAR INFORMASI TUTORIAL

Tutorial online terbaik dan terpopuler

Cara Ganti Oli Mesin Motor Vario 125 Dengan Mudah

6 min read
Cara Ganti Oli Mesin

Cara Ganti Oli Mesin, Halo sobat otomotif kembali lagi nih di artikel mimi dan pada pembahasn kali ini mimin akan mebahasn cara ganti oli mesin motor dan wajib haru di ganti apa lagi para ciwiciwi sekalina yang jarang ganti oli motaornya. yuk sobat otomotif mari merapat di sini deh dan langsung saja kita simmah artikel ini yuk.Salah satu bentuk perawatan rutin sepeda motor adalah penggantian oli mesin. Perlu kita ketahui bahwa oli mesin yang sudah di gunakan dalam waktu yang lama akan menurun kualitasnya, hal tersebut bisa di lihat dari viskositas (kekentalan) dan warna (kotor atau tidaknya) oli mesin tersebut. Ketika oli mesin lebih encer dan warnanya berubah menjadi hitam, menandakan bahwa oli tersebut sudah saatnya di lakukan penggantian. Penggantian oli bertujuan agar mesin selalu mendapat pelumasan terbaik yang dapat melindungi mesin dari keausan maupun panas yang berlebihan.

Bagi sebagian orang mengganti oli mesin sendiri di rumah di anggap ribet, sehingga lebih memilih untuk menggantikan oli mesin di bengkel resmi atau bengkel biasa. Hanya saja, menggantikan oli mesin di bengkel resmi pasti butuh waktu untuk antri, dan menunggu. Kelebihan mengganti oli mesin sendiri adalah tidak perlu repot-repot antri, menghemat biaya dan memanfaatkan waktu luang yang ada. Apakah aman mengganti oli mesin sendiri? Aman, asalkan proses penggantiannya sesuai dengan SOP (Standar Operasional Procedure) yang ada pada buku reparasi.

Cara Ganti Oli Mesin Motor Honda Vario 125 Sendiri Di Rumah

Berikut palabrafiel.org jabarkan mengenai cara ganti oli mesin motor honda vario 125 sendiri di rumah sesuai dengan buku reparasi :

  1. Posisikan motor di bidang datar dan posisi standar tengah.
  2. Panaskan mesin selama 4 -5 menit, kemudian matikan mesin.
  3. Lepaskan tutup pengisian oli.
  4. Letakkan wadah penampung oli mesin di bawah mesin.
  5. Lepaskan baut pembuangan oli dan washer sealing menggunakan kunci shock atau kunci ring. Biasanya ukuran 14 mm.
  6. Buang oli mesin.
  7. Setelah oli keluar sepenuhnya, pasang kembali baut pembuangan oli yang baru.
  8. Kencangkan baut pembuangan oli dengan torsi sesuai spesifikasi (24 N.m atau 2,4 kgf.m).
  9. Periksa jumlah oli.
  10. Pastikan bahwa tidak ada kebocoran oli.

Berapa jumlah oli yang harus di isi pada motor Honda Vario?

Kapasitas oli mesin : – 0,8 liter pada penggantian rutin – 0,9 liter setelah pembongkaran mesin – 0,9 liter jika disertai penggantian saringan oli

Oli yang dianjurkan : Lihat dalam = Oli yang bagus untuk motor Honda Vario 125

Demikian artikel mengenai cara mengganti oli mesin motor honda vario 125 sendiri di rumah, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Cara Ganti Oli Gardan Motor Vario 125 FI – Situs Oto

Otoqita.com – Apakah motor honda vario pakai oli gardan, ada berapa oli pada motor vario dan bagaimana cara ganti oli gardan motor vario injeksi 125 Techno / CBS? Motor honda vario seperti halnya motor matic yang lain, selain memakai oli mesin juga menggunakan oli gardan atau oli transmisi yang terletak pada bagian roda belakang.

Lihat Cara Ganti Oli Mesin Motor Vario 125 cc. Siapkan oli gardan atau transmission gear oil untuk motor matic, yang berukuran atau berisi 120 ml dan kunci ukuran 10 mm. Jika sudah tidak ada oli keluar, tutup kembali baut tap yang bawah, jangan lupa pasang ring tembaganya, kencangkan baut tap secukupnya. Bagaimana, mudahkan ganti sendiri oli gardan matic honda vario 125 cc PGMFI?

Tempat Baut Tap Oli Mesin Motor Vario – Situs Oto

Otoqita.com – Cara ganti oli mesin vario seperti contoh vario Techno dan CBS injeksi 125. Ganti Oli Motor Vario Techno atau CBS bisa di lakukan sendiri, kalau tidak mau repot, juga bisa bawa ke bengkel motor untuk mengganti oli mesin vario. Berikut adalah tips dan cara mengganti sendiri oli mesin motor vario 125 injeksi baik Techno atau CBS.

Dinginkan mesin jika mesin masih panas, karena biasanya dalam kondisi mesin motor masih panas, baut tap oli lebih sukar di buka, hal ini karena baut dan mur masih dalam kondisi memuai, sehingga beresiko terhadap ulir baut dol. Lihat juga Cara Ganti Oli Gardan Motor Matic Vario.

Lokasi atau tempat baut tap oli mesin motor vario injeksi 125 cc (Techno atau CBS) berada di bawah sebelah kanan mesin (lihat gambar di bawah), ukuran baut tap oli adalah 12mm, di depan standar tengah. Setelah semua oli bekas terbuang atau di tampung di wadah oli bekas, masukkan kembali baut tap oli dengan tangan sampai masuk penuh, kemudian gunakan kunci untuk mengencangkan baut tap tersebut dengan kekencangan secukupnya, jangan terlalu keras itu hanya baut ukuran 12mm. Isi oli mesin yang baru seperti terlihat pada gambar pertama di atas, jangan lupa tutup kembali stik olinya.

Mengapa Anda Harus Mengganti Oli Motor Anda secara Rutin ?

Berbicara mengenai bagian-bagian dalam motor, kebutuhan akan oli tentunya tidak dapat di pungkiri lagi. Cairan pelumas ini sangat di butuhkan untuk menunjang kelancaran mesin maupun komponen lainnya dalam motor. Agar gesekan dapat di kurangi maka bagian saling bergesekan di lapisi oli pelumas.

Pelumas dapat mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran dengan membuat lapisan oli yang mengisi celah antara piston dan silinder. Pelumas untuk melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara mesin lebih halus. Sebagai anti karat, pelumas melapisi bagian logam sehingga menghindari kontak langsung dengan udara atau air. Oli memiliki beberapa fungsi penting untuk menjaga performa sekaligus kondisi mesin motor anda. Kualitas oli lebih bergantung kepada lamanya penggunaan serta jarak yang di tempuh oleh motor anda. Terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mengganti oli motor, seperti :. Bersihkan filter oli setiap 12.000 kilometer untuk membuang sisa kotoran yang terdapat pada mesin.

Jangan Terbalik, Begini Tahap Ganti Oli Gardan Motor Matic Honda

GridOto.com – Jangan sampai terbalik, begini tahapan ganti oli gardan motor matic Honda mulai dari proses kuras sampe pengisian ulang. Jika di amati sekilas, memang posisi baut tempat isi dan kuras oli gardan di CVT matic Honda sulit di bedakan. Untuk menjaga supaya kondisi transmisi otomatis di motor tetap prima, begini tahap penggantian oli gardan dari bengkel resmi. “Pertama posisikan motor di permukaan yang rata dan pasang standar ganda untuk memudahkan proses pengisian oli,” jelas Ahmad Matin, Service Advisor AHASS Wahana Ciputat, Tangerang Selatan.

Nah, sebelum proses pengisian oli bisa di lakukan, tentu oli gardan yang lama perlu di kuras atau di buang terlebih dahulu. Farhan posisi baut oli gardan matic Honda lawas: (biru) kuras, (merah) isi. “Khusus matic 150 cc seperti Vario, PCX atau ADV150 baut isi oli gardan lebih pendek dari baut kuras. Sedangkan posisinya lebih di atas,” ungkapnya. Dalam posisi motor sudah di standar ganda, selanjutnya bisa buka baut kuras agar oli gardan lama bisa di keluarkan.

Kapan Waktu yang Tepat Ganti Oli Transmisi atau Gardan?

Amat di sayangkan pergantian jenis oli transmisi ini sering terlewatkan pergantiannya sehingga mengakibatkan rusaknya komponen motor. Banyak sekali komponen yang saling bergesekan di dalam transmisi otomatis motor matic yang apabila tidak di lumasi dengan oli gardan akan terdengar suara berisik pada bagian box CVT bagian belakang. Pada saat pemakaian motor sudah mencapai umur 8 bulan. Agar perpindahan gigi otomatis dapat tetap lembut dan dan lancar serta umur pakai unit CVT menjadi jauh lebih lama pastikan oli transmisi motor matic anda selalu di perhatikan. Segera ganti oli transmisi ke AHASS terdekat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apabila anda rutin mengganti Oli transmisi sesuai waktunya, motor matic anda akan terhindar dari suara berisik dari bagian box CVT.

Pergunakan oli transmisi formulasi khusus yang memiliki keunggulan tingkat gesek rendah, mampu melumasi celah tersempit pada Gear CVT serta mampu menahan tekanan kerja dan temperatur yang tinggi terhadap daya pelumasan. Pengiriman bisa dilakukan menggunakan jasa expedisi ke seluruh pulau di Indonesia. Klik di barang yang anda inginkan Pada halaman selanjutnya, klik tombol merah “Beli Sekarang” Pada halaman selanjutnya, klik tombol “Lanjutkan Ke Checkout” Pada halaman selanjutnya, masukkan nama dan alamat lengkap anda. Nomor resi akan diberikan 1 hari setelah pengiriman dilakukan.