July 20, 2024

SEPUTAR INFORMASI TUTORIAL

Tutorial online terbaik dan terpopuler

Cara Backup Chat Whatsapp Dengan Mudah Terbaik 2023 Anti Ribet

4 min read
Cara Backup Chat Whatsapp
Cara Backup Chat Whatsapp

Cara Backup Chat Whatsapp, Hay, sobat kuliner kembali lagi nih di artikel yang kita cintai ini dan pada kesempatan kali ini mimin akan meberikan cara backup data whatsaap dengan muda dan gak ribet dan WhatsApp saat ini menjadi salah satu aplikasi komunikasi yang efektif dalam bekerja. Kamu bisa dengan mudah berbagi informasi dan dokumen penting menggunakan aplikasi ini. Mak, kamu juga harus tahu cara backup chat dan data-data penting lainnya di WhatsApp .

Terutama jika kamu aktif menggunakan WhatsApp untuk pekerjaan, melakukan backup data secara berkala sangat penting. Backup data berfungsi sebagai cadangan apabila data aslinya tidak dapat ditemukan. Emm, pasti sobat mimin sudah tidak sabar bukan ingintau cara backup data whatsaapini Yuk, langsung saja deh ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan backup data-datamu di WhatsApp.

1. Backup otomatis di Android

  1. Backup otomatis di Android
  2. Buka aplikasi WhatsApp di smartphone Anda.
  3. Tekan icon tiga titik vertikal di pojok kanan atas dan pilih “Settings” (Pengaturan).
  4. Pilih “Chats”.
  5. Pilih “Chat Backup”.
  6. Setel “Google Account” yang ingin Anda gunakan untuk menyimpan backup chat Anda. Pastikan Anda login dengan akun Google yang benar.
  7. Setel frekuensi backup sesuai keinginan Anda. Pilih antara “Daily” (setiap hari), “Weekly” (setiap minggu), atau “Monthly” (setiap bulan). Jika Anda tidak ingin otomatis backup, pilih “Never”.
  8. Setel apakah Anda ingin menyertakan video dalam backup dengan memilih “Include Videos” (sertakan video) atau “Don’t Include Videos” (jangan sertakan video).
  9. Tekan tombol “BACK UP NOW” (backup sekarang) untuk membuat backup terbaru atau tunggu sampai backup secara otomatis selesai.
  10. Anda dapat melihat tanggal dan waktu backup terakhir di bawah “LAST BACKUP”.
  11. Jika Anda ingin mengembalikan chat dari backup, pilih “Restore” (Pulihkan) dan pilih backup yang sesuai dengan tanggal dan waktu. Pastikan Anda telah mem-backup semua chat terbaru sebelum melakukan restore.

2. iPhone

Bagi kamu pengguna iPhone, cara yang paling mudah untuk melakukan backup chat dan data-data lainnya di WhatsApp adalah melalui akun iCloud. Laman resmi WhatsApp menyebut bahwa kamu harus menggunakan iOS 10 atau versi terbaru agar bisa melakukan backup ke akun iCloud.

Selain itu, iCloud Drive kamu harus aktif terlebih dahulu sebelum melakukan backup. Seperti halnya pengguna Android, pengguna iPhone juga bisa melakukan backup data dari WhatsApp secara manual ataupun menjadwalkannya berkala secara otomatis. Jika kamu ingin mencadangkan chat WhatsApp secara manual, ikuti cara-cara berikut.

  • Pada aplikasi WhatsApp, buka bagian Settings.
  • Pilih bagian Chats, lalu pilih Chat Backup.
  • Kemudian, pilih Back Up Now, WhatsApp akan secara otomatis melakukan backup data-datamu ke iCloud.

Untuk melakukan backup yang terjadwal otomatis, kamu hanya perlu mengetuk Auto Backup dan memilih frekuensi backup . Kamu dapat memilih jenis data apa saja yang akan di-backup. Misalnya, kamu bisa memilih untuk hanya mem-backup data chat tanpa menyertakan data foto dan video. Proses backup pada iCloud sendiri dapat memakan waktu cukup lama untuk diselesaikan, tergantung pada koneksi Internet dan ukuran data yang akan di-backup.

3. Windows

Secara default, aplikasi WhatsApp akan melakukan backup data ke SD card ponselmu. Sehingga, kamu bisa dengan mudah langsung memindahkan data-data yang ada di WhatsApp langsung ke komputermu. Mencadangkan chat dan data WhatsApp ke komputer sendiri bisa disebut cara yang aman karena kamu bisa mengambil chat dan datanya kembali jika smartphone-mu rusak. Berikut cara melakukan backup chat dan data dari WhatsApp ke komputermu.

  • Sambungkan ponselmu ke komputer dengan kabel USB.
  • Buka folder WhatsApp pada drive ponselmu, kemudian buka folder Databases.
  • Pilih data yang ingin kamu backup, kemudian copy paste data tersebut ke folder komputermu.

4. Backup manual di Android

Dilansir dari laman resmi WhatsApp, kamu juga bisa melakukan backup data secara manual apabila kamu tidak ingin WhatsApp melakukan backup secara otomatis. Untuk melakukan backup chat WhatsApp secara manual, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut.

  • Pada aplikasi WhatsApp, ketuk ikon titik tiga yang ada di sudut kanan atas aplikasi.
  • Buka bagian Settings.
  • Pilih bagian Chats, lalu pilih Chat Backup.
  • Kemudian, pilih Back Up, nantinya WhatsApp akan melakukan backup data-datamu ke akun Google Drive.

5. MacOS

Selain ke Windows, melakukan backup ke MacOS juga bisa jadi cara lain untuk mencadangkan chat Whatsapp. Hal ini terutama jika kamu memiliki iPhone dan MacBook ketimbang laptop Windows serta smartphone Android. Melansir dari MacGo, berikut adalah cara backup chat dan data dari WhatsApp ke perangkat dengan operating system MacOS.

  • Sambungkan iPhone ke perangkat MacOS dengan kabel USB.
  • Jalankan program dan klik “More Tools“.
  • Setelah itu, pilih opsi “Transfer WhatsApp messages“.
  • Nantinya, program akan secara otomatis melakukan backup data dan chat.

Penutup

Nah, setelah mengetahui cara backup chat dan data-data lainnya, kamu tidak perlu khawatir kehilangan data-data yang ada di WhatsApp-mu. Selain WhatsApp, kira-kira data apa saja yang perlu di-backup? Yuk, maksimalkan fungsi WhatsApp-mu untuk mendukung kegiatan dan produktivitas sehari-hari. Mimin sudah siapkan beragam artikel seperti tips, rekomendasi, dan juga cara memanfaatkan WhatsApp untuk keperluanmu. Nah sobat mimin sampai di sini dulunya pembahasan kita ini dan jangan lewatkan informasi lainnya hanya di artikel mimin ini. Selamat Mencobanya